Live Streaming
super me

super me

Page 1 of 91

Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 16-17 Juli 2024 memutuskan untuk mempertahankan BI-Rate sebesar 6,25%, suku bunga Deposit Facility sebesar 5,50%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 7,00%. Keputusan ini konsisten dengan kebijakan moneter yang pro-stability sebagai langkah pre-emptive dan forward looking untuk memastikan tetap terkendalinya inflasi dalam sasaran 2,5±1% pada 2024 dan 2025.

Fokus kebijakan moneter dalam jangka pendek diarahkan untuk memperkuat efektivitas stabilisasi nilai tukar Rupiah dan menarik aliran masuk modal asing. Sementara itu, kebijakan makroprudensial dan sistem pembayaran tetap pro-growth untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Kebijakan makroprudensial longgar terus ditempuh untuk mendorong kredit/pembiayaan perbankan kepada dunia usaha dan rumah tangga. Kebijakan sistem pembayaran diarahkan untuk memperkuat keandalan infrastruktur dan struktur industri sistem pembayaran, serta memperluas akseptasi digitalisasi sistem pembayaran.

Bank Indonesia terus memperkuat bauran kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran untuk menjaga stabilitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di tengah masih tingginya ketidakpastian pasar keuangan global, melalui:

  1. Penguatan strategi operasi moneter pro-market untuk meningkatkan efektivitas kebijakan moneter dalam stabilisasi nilai tukar Rupiah melalui: a. Struktur suku bunga di pasar uang Rupiah untuk menjaga daya tarik imbal hasil dan meningkatkan aliran masuk portofolio asing ke aset keuangan domestik; b.      Optimalisasi Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI), Sekuritas Valas Bank Indonesia (SVBI), dan Sukuk Valas Bank Indonesia (SUVBI);
  2. Penguatan strategi stabilisasi nilai tukar Rupiah melalui intervensi di pasar valas pada transaksi spot, Domestic Non-Deliverable Forward (DNDF), dan Surat Berharga Negara (SBN) di pasar sekunder;
  3. Penguatan strategi transaksi term-repo dan swap valas yang kompetitif guna menjaga kecukupan likuiditas perbankan;
  4. Penguatan publikasi asesmen transparansi Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) dengan pendalaman suku bunga kredit berdasarkan sektor prioritas Kebijakan Insentif Likuiditas Makroprudensial (Lampiran); dan
  5. Penguatan inovasi dan akseptasi layanan pembayaran digital serta inklusi ekonomi dan keuangan UMKM termasuk literasi dan pelindungan konsumen melalui penyelenggaraan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) x Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2024.

Bank Indonesia terus memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah untuk memitigasi dampak risiko masih tingginya ketidakpastian global. Koordinasi kebijakan dengan Pemerintah (Pusat dan Daerah) ditempuh melalui program Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di berbagai daerah dalam Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP dan TPID). Koordinasi kebijakan moneter dan fiskal juga diperkuat untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan momentum pertumbuhan ekonomi. Bank Indonesia terus mempererat sinergi kebijakan dengan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) untuk menjaga stabilitas sistem keuangan dan mendorong kredit/pembiayaan kepada dunia usaha. Bank Indonesia juga terus memperkuat kerja sama internasional pada area kebanksentralan antara lain melalui konektivitas sistem pembayaran dan transaksi menggunakan mata uang lokal, serta fasilitasi penyelenggaraan promosi investasi dan perdagangan di sektor prioritas bekerja sama dengan instansi terkait.

 Nilai tukar Rupiah menguat dipengaruhi bauran kebijakan moneter yang ditempuh Bank Indonesia dalam memitigasi dampak rambatan global. Inflasi menurun dan tetap terjaga dalam kisaran sasaran 2,5±1%. Bank Indonesia, serta dampak positif berkembangnya digitalisasi. Inflasi VF diprakirakan tetap terkendali didukung oleh sinergi pengendalian inflasi Bank Indonesia dan Pemerintah Pusat dan Daerah. Bank Indonesia terus memperkuat kebijakan moneter pro-stability dan meningkatkan sinergi kebijakan dengan Pemerintah sehingga inflasi tahun 2024 dan 2025 terkendali dalam sasaran 2,5±1%.

Kinerja transaksi ekonomi dan keuangan digital pada triwulan II 2024 tetap kuat didukung oleh sistem pembayaran yang aman, lancar, dan andal. Sementara itu, transaksi pembayaran menggunakan kartu ATM/D turun 8,42% (yoy) menjadi 1.759,92 juta transaksi. Transaksi kartu kredit tumbuh 20,92% (yoy) mencapai 114,31 juta transaksi. Dari sisi pengelolaan uang Rupiah, jumlah Uang Kartal Yang Diedarkan (UYD) tumbuh 6,61% (yoy) menjadi Rp1.057,8 triliun.

Stabilitas infrastruktur sistem pembayaran tetap terjaga, ditopang interkoneksi struktur industri yang makin luas. Dari sisi infrastruktur, kelancaran dan keandalan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (SPBI) terjaga baik, aman, dan andal, didukung kondisi likuiditas dan operasional yang memadai. Dari sisi struktur industri, interkoneksi sistem pembayaran dan perluasan ekosistem Ekonomi Keuangan Digital (EKD) terus meningkat. Transaksi pembayaran berbasis Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP) yang memfasilitasi interkoneksi di sistem pembayaran tumbuh positif didorong perluasan kerja sama antar pelaku industri. Bank Indonesia terus menjaga ketersediaan uang Rupiah dalam jumlah yang cukup dengan kualitas yang layak edar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), termasuk daerah 3T (Terdepan, Terluar, Terpencil).


Untuk mengakomodir dan memberi pelayanan terbaik dan cepat untuk masyarakat Batam dan Kepri, dan Indonesia umumnya, KPJ Healthcare Berhad, sebagai penyedia layanan medis terpilih di Malaysia memiliki Representatif Office (RO) atau kantor perwakilan di Batam
Sejak tahun 2021, selepas pandemic, Kantor RO KPJ Healthcare Berhad selaku penyedia layanan kesehatan swasta terkemuka di Malaysia, terletak di Gedung Graha Pena, Lantai Dasar, Suite 107 Batam Centre, Kepulauan Riau, sudah melayani puluan ribu pasien untuk mendapatkan informasi medis dan teknologi medis di KPJ Healthcare Berhad,
Regional CEO KPJ Southern (KPJ Johor Specialist Hospital, KPJ Puteri Specialist Hospital, KP) Bandar Dato Onn ‣pecialist Hospital, KPJ Pasir Gudang Specialist Hospital, KPJ Bandar Maharani Specialist Hospital, KPJ Kluang Specialist Hospital dan KPJ Batu Pahat Specialist Hospital) En. Mohd Azhar Abdullah mengajak masyarakat Kepri untuk memanfaatkan RO ini untuk mendapatkan informasi medis, sebelum berangkat ke Malaysia.
Tujuan RO ini untuk membantu masyarakat Kepri sebelum berangkat berobat ke Malaysia RO ini juga sebagai tempat informasi pasien membuat appointment dengan dokter di RS KPI di Malaysia. Kantor RO KPJ Healthcare Berhad ini melayani atau membantu pasicn untuk mendapatkan infarmasi medis, jadwal dokter, layanan jemputan, memhuat temu janji, hingga estimasi hiaya pengobatan,'' ungkap Regional CEO Southern Hospital Mohammad Azhar Abdullah, pada pada acara Media gathering dengan RO Satam, hadir juga Deputy General Manager, Health Tourism Farah Delah
Mlenurut En. Azhar Abdullah, perkembangan teknologi medis semakin berkembang, dan Grup KPJ Healthcare selalu update terhadap teknolog saat ini, dan ini juga akan dinformasikasn team KPJ Southern yang akan mengikuti Expo [ourism Johor di Grand Mall Batam, dari tangga 19-21 Juli 2924. Dan saat expo berlangsung, masyarakat Batam dan Kepri umumnya akan mendapatkan beberapa package special dari KP) Healthcare Berhad wilayah Southern. "Selain teknologi klinis yang terdapat dì rumah sakit kami, KPJ juga menjajaki peluang untuk menerapkan teknolog" medis digitaf dalam kehidupan sehari-hari. Di antara usaha yang sedang direncanakan adalah E-Farmasi KPJ dengan pemesanan oniine, teknologi wearable, robotikə, Artificial Intelligence (Al) dan Internet of Things (loT)," paparnya Pengalamnan grup yang luas dalam pengembangan dan manajemen rumah sakit selama lebih dari tiga setengah dekade juga berarti bahwa, grup dibangun di atas fondasi yang kuat dan dapat diandalkan. Hal ini menjadi landasan yang kokoh seiring dengan perkembangan dan perubahan industri dari waktu ke waktu.
"Dalam mengembangkan segmen wisata kesehatan, strategi pemasaran agresif kami terus menunjukkan hasil yang luar biasa seiring kami memperluas jangkauan kami di Asia, kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara, Sub-Benua India. Tiongkok, dan Kepulauan Pasifik,"' jelasnya.
KPJ Healthcare Berhad, terus diakui oleh badan akreditasi seperti Masyarakat Malaysia untuk Kualitas Kesehatan (MSQH) dan Joint Commission International (XI). Rumah sakit KPJ telah tersertifikasi Sistem Manajemen Terpadu (IMS) vang mengintegrasikan dan menekankan pada Sister Manajemen Mutu (MS ISO 9001:2015); Linekungan (MS ISO 14001:2015); Sistern Keselamatan dan Kesehatan Kerja (OHSAS 18001:1999) serta sertifikasi ISO dan SIRIM lainnya.
Kantor RO KPJ Healthcare Berhad dibuka pada Senin- Jumat pukul 07.30 sampai 16.30 WIB Untuk Sabtu buka pukul 08.30-12.00 WIB, Sementara khusus untuk hari Minggu kantor KPJ tutup. Warga Batam, Kepri dan Indonesia yang mau berobat ke KP/ Heaithcare di Malaysia dapat menghubung! telephone / whatsapp 08127750800, emall This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it., atau melalui website www.erameta.id.

PT PLN Batam bersilaturahmi dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Batam dan Kepri di Menara Aria Harbour Bay, Batam, pada 15 Juli 2024. Pertemuan ini bertujuan untuk mempererat hubungan baik dan membahas penyesuaian tarif (tarif adjustment/TA) PT PLN Batam yang berlaku sejak 1 Juli 2024.

Sekretaris Perusahaan PT PLN Batam, Zulhamdi, bersama Manager Komunikasi dan TJSL Bukti Panggabean, disambut langsung oleh Stanly Rocky, Ketua DPP Apindo Kepulauan Riau, dan Rafki Rasyd, Ketua DPK Apindo Kota Batam.

Zulhamdi menjelaskan bahwa TA ditetapkan berdasarkan empat parameter: kurs, ICP, inflasi, dan HBA. Penyesuaian tarif ini perlu dilakukan karena belum pernah dilakukan sejak tahun 2017.

Menanggapi TA, Apindo memahami dan berharap PLN Batam dapat meningkatkan kualitas pelayanannya. Stanly Rocky, Ketua DPP Apindo Kepri, menekankan pentingnya pasokan listrik yang handal dan cadangan kapasitas listrik yang memadai untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Batam.

Zulhamdi menegaskan komitmen PLN Batam untuk menjaga mutu pelayanan dan pasokan listrik. “Kehadiran listrik sangat penting bagi pergerakan roda ekonomi. PLN Batam terus memastikan pelanggan dapat terus memperoleh listrik yang handal dan berkualitas,” ujarnya.

Lebih lanjut, Zulhamdi menjelaskan bahwa PLN Batam tidak hanya mengandalkan pengoperasian pembangkit untuk memperkuat keandalan pasokan listrik, tetapi juga didukung dengan sistem jaringan kelistrikan yang memadai. Dengan adanya TA, PLN Batam akan terus memperkuat sistem kelistrikan Batam-Bintan untuk memberikan pelayanan kelistrikan yang optimal.

“Hal ini menjadi modal utama kami untuk memberikan pasokan listrik andal sekaligus mendukung kebijakan pemerintah dalam menjaga daya beli masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi,” jelas Zulhamdi.

Menanggapi hal tersebut, Rafki Rasyid, Ketua APINDO Kota Batam, menyampaikan beberapa masukan untuk PLN Batam. Pertama, terkait keluhan pengusaha industri yang dimasukkan ke golongan bisnis, yang memberatkan mereka dalam pembayaran beban tarif dan tarif pajak penerangan jalan yang lebih tinggi.

Rafki meminta PLN Batam untuk mengecek kembali penggolongan tarif dan memastikan bahwa setiap pelaku usaha dikategorikan dengan tepat. Ia juga meminta PLN Batam untuk tidak mengarahkan pengusaha industri yang ingin memasang sambungan listrik baru ke golongan bisnis atau golongan lain yang tidak sesuai dengan jenis usahanya.

“Penggolongan tarif yang tepat sasaran akan membantu meringankan beban pengusaha di tengah kenaikan tarif PLN Batam saat ini,” ujar Rafki.

Zulhamdi merespon masukan Rafki dengan baik dan berjanji akan membicarakannya dengan manajemen PLN Batam. “Intinya PLN Batam menghargai setiap masukan dari pelanggan dan akan selalu menjaga hubungan baik dan kualitas pelayanannya,” pungkas Zulhamdi.

Pertemuan ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara PLN Batam dan Apindo dalam menghadapi penyesuaian tarif listrik. Dengan komunikasi yang baik dan komitmen bersama, diharapkan dampak kenaikan tarif dapat diminimalisir dan tidak mengganggu roda ekonomi di Batam

Penanaman Modal Asing (PMA) di Kota Batam tumbuh positif sepanjang Triwulan I Tahun 2024.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI mencatat, realisasi PMA sepanjang Januari hingga Maret Tahun 2024 di Batam mencapai USD 382,20 juta atau setara Rp 5,73 triliun.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan realisasi pada kuartal pertama tahun 2023 lalu yang hanya sebesar USD 174,063 juta atau senilai Rp 2,61 triliun.

Pertumbuhan nilai realisasi PMA tersebut tidak terlepas dari perkembangan beberapa sektor industri di Batam. Terutama industri mesin, elektronik, instrumen kedokteran, peralatan listrik, presisi, optik dan jam yang kembali mendominasi sepanjang Triwulan I 2024 dengan nilai USD 151,68 juta atau Rp 2,275 triliun.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi mengapresiasi kerja keras seluruh pihak atas pencapaian positif tersebut.

Menurut Rudi, BP Batam dan seluruh komponen daerah berhasil menjaga iklim investasi dan situasi kondusif Kota Batam sehingga para investor pun merasa aman.

"Jika keamanan dan kenyamanan investor terjamin, maka investasi akan berjalan lancar. Mari kita terus menjaga kondisi ini agar ekonomi Batam bangkit dan memberikan dampak kesejahteraan terhadap masyarakat," ujarnya, Rabu (17/7/2024).

Rudi optimistis, nilai investasi di Batam pun akan terus meningkat dengan hadirnya sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN) dari pemerintah pusat.

Dengan harapan, PSN yang ada mampu memberikan stimulus terhadap peningkatan nilai investasi ke depannya.

"Investasi yang hadir kita harapkan mampu mendukung peningkatan ekonomi daerah. Oleh sebab itu, butuh kolaborasi dari seluruh pihak agar produksi yang ada saat ini berjalan lancar dan maksimal," pungkasnya. (*)

Batam, 16 Juli 2024 – Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan penyesuaian tarif tenaga listrik (tariff adjustment) PT PLN Batam yang semenjak tahun 2017 belum pernah memberlakukan penyesuaian tarif. Penerapan tariff adjustment triwulan III 2024 PT PLN Batam antara 6,00-9,83% hanya menyasar 11 dari 23 golongan pelanggan.

Pemerintah sangat berhati-hati dalam menerapkan tariff adjustment dengan tetap menjaga daya saing industri di Batam sehingga sebagian golongan tarif Batam masih di bawah Biaya Pokok Penyediaan tenaga listrik.

Dengan implementasi tariff adjustment tersebut, imbuh Jisman, PT PLN Batam memperoleh margin sebesar 3,04% yang sebelumnya masih negatif. Hal ini dapat lebih mendorong PT PLN Batam meningkatkan keandalan dan pelayanan kepada masyarakat, dan Ia meminta PT PLN Batam meningkatkan efisiensi operasional.

"Kami tetap meminta PLN Batam dapat meningkatkan efisiensi operasional sehingga dapat menjaga keberlangsungan penyediaan usaha listrik di Batam," ujar Jisman pada 28 Juni lalu.

Sejalan dengan keputusan tersebut, PT PLN Batam melalui 4 Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) yang tersebar di Batam melakukan sosialisasi pemahaman tentang penyesuaian tarif tenaga listrik (tariff adjustment) kepada masyarakat ke 11 Kecamatan, hingga kepada 48 kelurahan yang ada di Batam.

Sekretaris Perusahaan PT PLN Batam, Zulhamdi mengatakan PLN Batam siap menjalankan keputusan pemerintah terkait penyesuaian tarif tenaga listrik untuk triwulan III tahun 2024. Lebih lanjut, PLN Batam berkomitmen untuk menyediakan pasokan listrik yang andal bagi seluruh masyarakat Batam dan sektor bisnis hingga industri yang sedang tumbuh.

“Dalam menyediakan pasokan listrik yang andal dan berkelanjutan dipengaruhi oleh beberapa variabel yang terdiri dari kurs, harga energi primer, dan inflasi. Pemerintah dan PLN Batam mempertimbangkan 3 (tiga) variabel dalam menerapkan tariff adjustment, yaitu kondisi kurs, harga energi primer, dan inflasi demi tetap mampu menghadirkan listrik yang andal dan berkelanjutan bagi masyarakat Batam,” ucap Zulhamdi.

Penerapan tariff adjustment triwulan III 2024 PT PLN Batam hanya menyasar 11 dari 23 golongan pelanggan. Untuk pelanggan rumah tangga 1,300 VA dan 2,200 VA atau 6 ampere dan 10 ampere mengalami penyesuaian 6% saja. Ia juga menambahkan bahwa tariff adjustment baru diberlakukan pada pemakaian bulan Juli ini, yang artinya pembayaran penggunaan listrik ini akan dihitung bulan depan atau bulan Agustus.

“Pembayaran listrik yang pelanggan lakukan bulan ini adalah untuk pemakaian pada bulan Juni lalu. Dan belum masuk tariff adjustment. Kalau ada pembayaran bulan ini ada kenaikan kemungkinan karena pemakaian nya yang naik, untuk tarif tidak ada perubahan dari bulan bulan sebelumnya,” tambah Zulhamdi.

“Bagi pelanggan PLN Batam yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait golongan tarif yang mengalami penyesuaian atau melakukan simulasi perhitungan tarif dapat menghubungi Contact Center PLN Batam melalui nomor 0778-123 atau dapat mengunjungi posko pengaduan pelanggan di Kantor Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3), Batam Center, UP3 Nagoya, UP3 Batu Aji dan UP3 Tiban,” tandasnya.

Salah satu peserta sosialiasi Mike Ariani, pelanggan PLN Batam dengan daya 900 VA rumah tangga atau biasa di sebut 6 ampere di KK Muka Kuning Indah, Batu aji menyampaikan pendapatnya tentang tariff adjustment yang sedang diberlakukan ini.

‘’Penyesuaian Tarif Tenaga Listrik PLN Batam merupakan hal yang wajar karena saat ini pelayanan PLN Batam sudah cukup baik. Contohnya di perumahan saya jarang belakangan ini jarang sekali pemadaman,” imbuh Mike.

Ia pun tidak mempermasalahkan penyesuaian tarif ini karena memang belum dilakukan sejak tahun 2017. Harapannya PLN Batam dapat mengimbangi dengan kinerja yang lebih baik sehingga tidak ada pemadaman dengan waktu lama yang berdampak pada usahanya.

“Kalaupun ada pemadaman akibat jaringan atau gangguan local, PLN Batam melalui quick response harus segera melakukan penormalan. Saya juga berharap kedepannya agar pelayanan listrik juga sampai ke pelosok-pelosok Batam agar seluruh masyarakat Batam juga dapat menikmati listrik yang merata,” tutup Mike.

Kota Batam – Ombudsman RI Perwakilan Kepulauan Riau (Kepri) menyebut ada indikasi “tidak memberikan pelayanan” oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam kepada masyarakat terkait pengelolaan sampah di Kota Batam.

Pasalnya, ada pembayaran retribusi sampah oleh masyarakat namun banyak keluhan yang disampaikan masyarakat kepada Ombudsman dan melalui kanal media soal pengangkutan sampah yang lamban dilakukan bahkan harus menunggu 10 hari sekali agar sampahnya dapat diangkut.

Apalagi belum lama ini tepatnya Kamis (30/05/2024), bak sebuah truk sampah terguling saat melintasi Laluan Madani, Batam Center. Mengakibatkan muatan sampah tumpah dan menutup jalur bagian bawah jembatan Laluan Madani.

Hal ini diperkirakan terjadi karena muatan yang terlalu banyak dan kondisi armada yang dianggap sudah tidak laik.

Pacsa kejadian tersebut, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kepri, Dr Lagat Siadari mengungkap telah berkoordinasi dengan Kepala DLHK Batam melalui telepon.

“Dari informasi yang kami dapatkan, DLHK mengakui belum memiliki anggaran untuk melakukan peremajaan truk sampah,” jelas Lagat pada Selasa (16/07/2024) di Kantor Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kepri saat ditanyai oleh wartawan dari salah satu media.

Dalam perbincangan tersebut, Ombudsman telah meminta peremajaan dilakukan secara bertahap agar tidak membebani anggaran.

“Kami sampaikan, agar tidak membebani anggaran lakukan peremajaan secara bertahap, semisal, pertahun ditambah 2 armada. Sehingga armada yang sudah layak dibesi tuakan saja, jangan dipakai lagi,” ungkap Lagat.

Terkait persoalan pengangkutan sampah dari sumber sampah ke TPA, ia mengatakan pihak DLH sebelumnya telah berjanji untuk melakukan pengangkutan 2 kali dalam seminggu.

“Ayo Kepala Dinas dan Pemerintah Kota Batam, kami imbau berikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Ada retrbusi yang dibayarkan oleh masyaraka. Sehingga ada kewajiban untuk melakukan pelayanan. Jika tidak dilakukan maksimal maka ada indikasi DLH maladministrasi, tidak memberikan pelayanan,” tutupnya.

Konsisten Berdayakan Mustahik, BAZNAS RI Raih Penghargaan Internasional 3G Awards 2024

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI meraih penghargaan Global Good Governance (3G) Awards 2024 pada kategori 3G Leadership Award in Community Development & Philantropy.

Penghargaan berskala internasional ini disematkan oleh Cambridge International Financial Advisory (IFA) untuk lembaga yang memiliki tata kelola baik dan komitmen pada kesejahteraan sosial.

Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA., menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi membawa BAZNAS kembali meraih penghargaan tersebut.

“Alhamdulillah, BAZNAS RI kembali menerima Penghargaan Internasional 3G Leadership Award in Community Development & Philantropy dari Cambridge-IFA,” ucap Kiai Noor dalam keterangannya di Jakarta, Selasa(7/16/2024).

Sebelumnya, proses penyerahan penghargaan diselenggarakan pada 29 April 2024, di Manila, Filipina.

Kiai Noor menjelaskan, kategori 3G Leadership Award in Community Development & Philanthropy 2024 diterima BAZNAS karena berhasil mentransformasikan masyarakat dalam hal kesehatan, kesejahteraan, dan pendidikan, termasuk pentingnya peran filantropi bagi pembangunan masyarakat.

"Penghargaan ini adalah buah keberhasilan dari program-program Zakat Community Development dalam meningkatkan taraf ekonomi, sosial, dan spiritualitas bangsa," jelasnya.

Kiai Noor mengatakan, capaian bergengsi tersebut bisa memperkuat peran BAZNAS RI sebagai lembaga zakat nasional yang mengelola zakat sesuai dengan 3A, yaitu Aman Syar'i, Aman Regulasi Aman NKRI.

Dia menambahkan, dalam beberapa tahun terakhir, BAZNAS RI kerap menjadi langganan penerima penghargaan baik skala nasional maupun internasional.

Kiai Noor berharap, melalui penghargaan ini, BAZNAS RI berharap bisa meningkat kepercayaan masyarakat kepada BAZNAS dalam menyalurkan ZIS kepada yang membutuhkan.

"Dengan adanya penghargaan ini diharapkan menjadi penyemangat untuk kita membantu lebih banyak lagi orang sehingga Indonesia terus melesat menjadi negeri yang kuat," pungkasnya.

Pada ajang serupa pada tahun 2022, BAZNAS berhasil meraih dua penghargaan kategori 3G Championship Award in Capacity Building 2022 dan 3G Leadership Award in Community Development & Philanthropy 2022. Sedangkan pada tahun 2023, BAZNAS kembali meraih 3G Leadership Award in Community Development & Philanthropy 2023 dan 3G Championship Award in Capacity Building 2023.

Batam, 12 Juli 2024. Dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Batam dan Kepulauan Riau, Pemerintah berupaya untuk mengoptimalkan pengembangan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam, salah satunya yakni Kawasan Rempang Ecocity yang saat ini sudah menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN).

Pengembangan Kawasan Rempang Ecocity merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari arah kebijakan dan langkah-langkah strategis pengembangan Kawasan Batam, Bintan, dan Karimun (BBK) yang telah disusun dalam Rencana Induk Pengembangan KPBPB BBK.

Guna membahas kondisi terkini terkait perkembangan penyelesaian dan penanganan Kawasan Rempang Ecocity, Pemerintah melakukan Rapat Koordinasi dengan dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Kantor BP Batam, Jumat (12/07).

“Jadi tadi kita rapat terkait dengan perkembangan PSN, termasuk yang PSN di Rempang. Pada prinsipnya, berbagai hal telah dibahas. Terutama untuk ketersediaan dari anggaran, kesiapan untuk pembangunan rumah dan infrastruktur. Dan juga rencana investasi ke depannya,” jelas Menko Airlangga dalam keterangan di hadapan awak media usai rapat tersebut.

Dalam rapat tersebut, Menko Airlangga memberikan sejumlah arahan termasuk koordinasi antar Kementerian/Lembaga dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk meningkatkan dukungan dan fasilitasi bagi percepatan pembangunan terkait relokasi masyarakat dan realisasi investasi.

“Tadi saya juga meminta kepada Forkopimda untuk secara rutin melakukan koordinasi. Agar realisasi dari PSN ini bisa diselenggarakan. Dan tentunya dari Kementerian terkait, apakah itu PUPR, apakah itu Kementerian LHK, untuk menyelesaikan hal-hal yang diperlukan, terutama untuk ketersediaan lahan,” ungkap Menko Airlangga.

Rencana investasi di Kawasan Rempang sendiri diperkirakan akan mencapai Rp381 triliun dengan target penyerapan tenaga kerja langsung sejumlah 308.000 orang hingga tahun 2080.

“Jadi kalau iklim investasi di kita tidak segera diselesaikan, di dunia ini banyak wilayah yang siap menampung. Jadi makanya kita perlu melakukan harmonisasi agar situasinya kondusif dan investasi bisa masuk mumpung Indonesia ini lagi diminati,” pungkas Menko Airlangga.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya yakni Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso, Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Usaha BUMN, Riset, dan Inovasi Kemenko Perekonomian Elen Setiadi, Juru Bicara Kemenko Perekonomian Haryo Limanseto, Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad, Walikota Batam Muhammad Rudi yang sekaligus merupakan Kepala BP Batam, Jajaran Forkopimda Provinsi Kepri dan Kota Batam, serta sejumlah perwakilan Kementerian/Lembaga. (nck)

Batam, 10 Juli 2024 – The Ascott Limited (Ascott), unit bisnis penginapan yang sepenuhnya dimiliki oleh CapitaLand Investment Limited (CLI), dengan bangga memperluas portofolionya di Indonesia dengan mengumumkan soft opening Oakwood Hotel & Apartments Grand Batam, properti pertama dari jaringan Oakwood di Batam. Properti ini menambah kehadiran Oakwood ke-7 di Indonesia, memiliki lokasi yang strategis dan menawarkan akses yang mudah ke berbagai atraksi utama Batam.

Mengusung konsep “Home + Beyond”, Oakwood Hotel & Apartments Grand Batam menghadirkan pengalaman menginap yang lebih dari sekadar tempat bermalam. Menyatu dengan kenyamanan layaknya di rumah, tamu dapat menikmati fasilitas modern dan elegan yang dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan, sambil menjelajahi kehidupan lokal Batam yang kaya akan budaya dan keunikan.

Terletak di lokasi yang strategis dan terintegrasi dengan pusat perbelanjaan, Oakwood Hotel & Apartments Grand Batam menawarkan kemudahan bagi para tamu dengan one-stop living. Properti ini memiliki koneksi langsung dengan Grand Batam Mall yang membuat tamu dapat menikmati kemudahan berbelanja. Selain itu, properti ini memberikan kemudahan untuk menjangkau berbagai tempat wisata dan pusat kuliner dengan hanya berjarak 10 menit dari Harbour Bay Ferry Terminal, memudahkan akses ke destinasi pulau-pulau terdekat, sementara Bandara Internasional Hang Nadim dapat dicapai dalam waktu 25 menit perjalanan.

Philip Barnes, Country General Manager The Ascott Limited untuk Indonesia, mengatakan, "Memperluas portofolio Oakwood di Batam menegaskan kembali komitmen The Ascott Limited untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang terus berkembang di Indonesia. Menyadari reputasi Indonesia yang terus berkembang sebagai tujuan wisata kelas dunia, perekonomian Batam yang kuat dan posisinya yang berada di tengah-tengah lanskap wisata yang beragam menjadikannya pilihan yang strategis. Oakwood Hotel & Apartments Grand Batam akan memastikan tempat tinggal yang nyaman dan aman bagi para pelancong bisnis maupun rekreasi."

Sebagai tambahan baru yang menarik dari hunian berlayanan bintang lima di Batam, Oakwood Hotel & Apartment Grand Batam menghadirkan 247-unit kamar dengan berbagai tipe, mulai dari Executive suites hingga Two Bedrooom Unit. Properti ini dirancang untuk memberikan fleksibilitas bagi wisatawan yang memiliki beragam keinginan periode menginap, mulai dari kunjungan singkat maupun panjang. ASCOTT | CITADINES | LYF | OAKWOOD | QUEST | SOMERSET | THE CREST COLLECTION | THE UNLIMITED COLLECTION | PRÉFÉRENCE | FOX | HARRIS | POP! | VERTU | YELLO The Ascott Limited - Indonesia RDTX Place, 19th Floor Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3 Jakarta 12940 - Indonesia t (62-21) 5080 5202 f (62-21) 5223737 www.discoverasr.com Oakwood Hotel & Apartments Grand Batam juga di dirancang untuk memastikan para tamu yang menginap merasakan kenyamanan sambil melakukan berbagai kegiatan produktif. Fasilitas ruang pertemuan serbaguna yang kontemporer yang dapat digunakan untuk berbagai jenis acara, pusat kebugaran, kolam renang outdoor, resident’s lounge dan Oak Bistro yang menawarkan perpaduan kuliner modern dan cita rasa yang nostalgic dengan menggunakan bahan-bahan lokal yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga maupun kolega.

Vincent Gunawan, Cluster General Manager The Ascott Limited - Indonesia untuk wilayah Sumatra dan Kalimantan, mengatakan, "Kami sangat bangga dengan soft opening Oakwood Hotel & Apartments Grand Batam. Acara ini menandai awal dari perjalanan brand Oakwood di Pulau Sumatera dan Kota Batam. Kami berkomitmen untuk menjadikan Oakwood Hotel & Apartments Grand Batam sebagai pilihan utama bagi para pelancong yang mencari akomodasi yang nyaman, modern, dan berlokasi strategis di Batam." Harga spesial pembukaan, mulai dari IDR 990,000 ++ per malam Dalam rangka merayakan pembukaan Oakwood Hotel & Apartments Grand Batam, para tamu dapat menikmati penawaran khusus pembukaan mulai dari IDR 990.000 ++ per malam untuk kamar saja, berlaku untuk periode pemesanan sampai 30 September 2024. Daftarkan diri Anda sebagai anggota ASR dan dapatkan semua keuntungan ketika Anda memesan dan menginap di properti kami di seluruh dunia.

Pendaftaran keanggotaan ASR tidak dipungut biaya. Keanggotaan ASR terdiri dari Classic, Silver, Gold dan Platinum, dan dengan setiap peningkatan level, anggota akan menerima lebih banyak keuntungan seperti poin bonus, upgrade kamar gratis, e-voucher diskon kamar serta check-in lebih awal dan check-out lebih lambat. Untuk informasi lebih lanjut dan reservasi, silakan kunjungi www.discoverasr.com dan sosial media @oakwoodgrandbatam atau @discoverasrindonesia //

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi melepas ratusan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata STAIN Sultan Abdurrahman Kepri di Bintan, Kamis, (11/7/2024).

Kehadiran Bapak Pembangunan Kota Batam di Sekolah Tinggi tersebut, disambut hangat dan antusias para mahasiswa maupun para dosen yang hadir.

Dalam kesempatan itu, Muhammad Rudi mengatakan, mahasiswa adalah calon pemimpin masa depan. Ia memotivasi agar mahasiswa membekali diri dengan ilmu dan pengalaman di lingkungan masyarakat.

Apalagi menurutnya, generasi saat ini akan melalui Indonesia emas 2045.

“Tinggal 21 tahun lagi. Saya harapkan saudara nantinya menjadi pemimpin,” katanya.

"Pelajari karakteristik dan psikologi orang, itu menjadi dasar kita mengambil keputusan disaat kita menjadi pimpinan kelak," katanya lagi.

Ia kemudian memaparkan sejumlah capaian pembangunan di bawah kepemimpinannya di Kota Batam. Proyek besar tengah dikerjakan untuk menjadikan Kota Batam sebagai kota dan modern sehingga memberikan multiplier effect kepada daerah kabupaten/kota di Kepri.

Adapun proyek-proyek tersebut di antaranya pembangunan infrastruktur jalan-jalan utama. Salah satu jalan utama sepanjang Bandara Hang Nadim Batam sampai Batu Ampar.

“Semua jalan utama kita bangun lebar, menjadi lima lajur, ini dilakukan untuk kelancaran proses bisnis dan semakin berkembangnya kota Batam di masa depan” ujarnya.

Proyek besar lainnya adalah Bandara Hang Nadim Batam, yang saat ini tengah dikerjakan. Tidak hanya pembangunan terminal dua yang dibangun, tapi juga tengah dilakukan revitalisasi terminal yang saat ini sudah ada.

Kemudian proyek lainnya adalah Pelabuhan Batu Ampar dan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Kesehatan di Sekupang.

"Akan ada rumah sakit bertaraf internasional di Kota Batam," ucapnya.

Pembangunan Batam yang pesat saat ini akan memberikan peluang ekonomi dan lapangan pekerjaan. Untuk itu, Muhammad Rudi mengajak para mahasiswa untuk mulai menyiapkan diri sebaik mungkin.

"Mari bersama mengisi pembangunan menuju Indonesia Emas," seru orang nomor satu di Batam tersebut.

Page 1 of 91

Tentang Kami