Live Streaming
Thursday, 08 November 2018 10:56

Museum WR Supratman akan Resmi Dibuka untuk Umum

sumber : detik.com

Rama Shinta - Pemkot Surabaya berencana menjadikan tempat tinggal WR Supratman di Surabaya sebagai museum. Peresmian akan dilakukan bertepatan pada tanggal 10 November atau bertepatan pada Hari Pahlawan nanti. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya, Antik Sugiarti mengatakan, tujuan diresmikannya museum itu karena Pemkot ingin menghargai jasa-jasa WR Supratman sebagai pahlawan nasional.

"Kebetulan WR Supratman ini pernah tinggal dan jadi warga di Surabaya," kata Antik pada detikcom, Kamis (8/11/1018).

Menurutnya, dengan adanya museum itu, masyarakat, khususnya para pelajar, bisa memahami bahwa perjuangan tidak hanya melulu dilakukan dengan mengangkat senjata. 

"WR Supratman telah membuktikan perjuangan merebut kemerdekaan bisa dilakukan dengan hal lain seperti musik," lanjutnya.


Museum itu sendiri merupakan rumah tinggal WR Supratman yang terletak di Jalan Mangga nomor 21, Tambaksari, Kota Surabaya. Rencananya di dalam museum akan diisi dengan semua memorabilia yang berhubungan dengan pahlawan kelahiran Purworejo ini, berikut karya-karya musiknya.

"Untuk mendapatkan benda-benda koleksi itu, kita komunikasi dengan Museum Nasional," ungkap Antik.

Dalam peresmiannya nanti, Pemkot akan turut pula mengundang keluarga pahlawan pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya itu.

Bila sudah resmi dibuka, museum ini dapat dikunjungi setiap hari dan pengunjung tidak dikenakan biaya masuk. "Bukanya setiap hari. Mulai pukul 8.00 sampai 16.00," ujar Antik. 


Rencana peresmian museum ini telah dicanangkan Pemkot Surabaya sejak tahun lalu. Namun karena Pemkot harus mengumpulkan berbagai memorabilia yang berkaitan langsung dengan WR Supratman ke berbagai daerah berikut ceritanya, maka peresmian pun mundur.

"Kita juga sudah cari referensi sampai ke Jakarta, ke Museum Arsip Nasional, ke beberapa tempat di kampung-kampung asalnya sehingga lebih komprehensif," ujar Risma pada November 2017 silam.

Risma juga telah mencapai kesepakatan dengan ahli waris agar rumah tersebut dapat dikelola sepenuhnya oleh Pemkot Surabaya.

Selain museum, di Surabaya juga terdapat makam WR Supratman, tepatnya di Jalan Kenjeran.

Read 14 times

Tentang Kami