Live Streaming
Monday, 24 September 2018 16:21

September-Oktober Sejumlah Kota akan 'Kehilangan' Bayangan

sumber : cnnindonesia.com

Rama Shinta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sejumlah kota di Indonesia akan mengalami fenomena hari tanpa bayangan atau kulminasi pada pertengahan September hingga akhir Oktober mendatang.

Posisi Indonesia yang berada di sekitar ekuator membuat kulminasi di beberapa wilayah terjadi hingga dua kali dalam setahun. BMKG mencatat fenomena hari tanpa bayangan terjadi mulai dari 10 September di Banda Aceh dan berakhir pada 20 Oktober di Kupang.

September-Oktober Sejumlah Kota akan 'Kehilangan' BayanganInfografis. (CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi)

 


Mengenal Kulminasi


Kulminasi atau transit atau istiwa merupakan fenomena ketika matahari berada tepat di posisi paling tinggi di langit. Saat deklinasi matahari sama dengan lintang pengamat, fenomen ini dinamakan kulminasi utama.

Pada saat itu, matahari akan berada tepat di atas kepala pengamat atau di titik zeniat.


Saat terjadi kulimnasi, bayangan benda tegak akan terlihat 'menghilang' karena bertumpu dengan benda itu sendiri. Hal inilah yang menjadikan fenomena kulminasi dikenal juga dengan sebutan hari tanpa bayangan.

Fenomena hari tanpa bayangan terjadi lantaran pada tahun ini, matahari akan berada di khatulistiwa pada 20 Maret 2018 pukul 23.15 WIB dan 23 September 2018 pukul 08.54 WIB. Sementara pada 21 Juni 2018 pukul 17.07 WIB, matahari berada di titik balik utara dan titik balik selatan pada 22 Desember 2018 pukul 05.23 WIB.

Kulminasi utama di Indonesia akan terjadi hingga dua kali dalam setahun, yakni saat posisi matahari berada tidak jauh ketika berada di khatulistiwa.

Read 13 times

Tentang Kami