Live Streaming
Tuesday, 13 June 2017 14:56

Wiranto dan Dubes AS Bicarakan ISIS di Marawi

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menerima kedatangan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan. Mereka membahas keberadaan jaringan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Marawi, Filipina.

"Kali ini kita agak fokus masalah adanya basis ISIS di Marawi," kata Wiranto usai pertemuan di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa 13 Juni 2017.

Wiranto menyebut, pertemuan dengan duta besar sejatinya adalah hal yang biasa. Perwakilan dari negara sahabat itu kerap datang menanyakan situasi dan kondisi politik dan keamanan terbaru.

Beberapa waktu lalu, Indonesia diguncang serangan teror di Kampung Melayu, Jakarta Timur. Polisi berhasil membersihkan jaringan yang diduga terlibat dalam kejadian ini. Perkembangan penanganan terorisme ini juga dibicarakan dengan Donovan.

Selain itu, Wiranto juga membicarakan kerja sama antara Indonesia dan Amerika Serikat. Kedua negara diketahui memiliki kerja sama khusus di bidang kepolisian. Wiranto juga membicarakan kemungkinan peningkatan kerja sama di bidang keamanan laut.

"Tapi kita tentu harus dibicarakan dengan sangat serius ya karena menyangkut hubungan kedua negara yang sudah berlangsung begitu lama," tegas dia.

Sementara itu, Donovan tak banyak bicara usai pertemuan. Donovan mengaku berbicara tentang counter-terrorism dengan Wiranto. Dia juga melaporkan hasil perjalanan dinasnya ke Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

"Kita juga bicara tentang kerja sama kepolisian, dan beberapa hal sekitar itu," kata Donovan sembari memasuki mobil.

Read 110 times

Tentang Kami