Live Streaming
Monday, 09 July 2018 16:43

JOHNSON’S Luncurkan ‘Gerakan Pijat Bayi Nasional’  

Sumber: Batamfm

PT Johnson & Johnson Indonesia melalui merek unggulannya JOHNSON’S® yang juga dikenal sebagai pemimpin global untuk merek produk bayi yang berfokus terhadap perkembangan holistik anak, pada hari ini telah merampungkan program “Sentuhan Cinta” yang dilaksanakan pada bulan Mei – Juni 2018 lalu. Melalui program ini, JOHNSON’S® telah mendapatkan dukungan lebih dari 250.000 ibu Indonesia – lebih dari dua kali lipat dibandingkan program serupa tahun lalu – dan secara tidak langsung akan membantu bayi melalui Yayasan Sayangi Tunas Cilik (mitra Save The Children di Indonesia) dengan memberikan pelatihan rutinitas pijat bayi kepada orangtua di Indonesia baik di kota besar maupun di kota kecil. Tujuan akhir dari program ini sendiri adalah memberikan kesempatan hidup yang sama bagi seluruh bayi Indonesia agar mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan meraih mimpinya.

Selain itu, inisiatif ini juga sejalan dalam mendukung bonus demografi yang diperkirakan oleh BPS Statistik akan dinikmati oleh masyarakat Indonesia selama periode 2020 – 2030, yaitu ketika jumlah orang di usia produktif akan mencapai sekitar 70 persen dari populasi. Artinya, jika bayi memiliki kesempatan untuk tumbuh dan berkembang dengan optimal, mereka akan dapat meraih impian mereka di beberapa dekade ke depan dan memberikan kontribusinya pada pembangunan negara.

Lakish Hatalkar, Presiden Direktur PT. Johnson & Johnson Indonesia, mengatakan “Johnson & Johnson percaya bahwa kami membangun brand dengan sebuah tujuan untuk memberikan sesuatu yang baik bagi masyarakat. Oleh karena itu, untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi anak Indonesia, kami bekerja sama dengan Alfamart, Tokopedia dan Yayasan Sayangi Tunas Cilik (mitra Save The Children di Indonesia) dalam program Sentuhan Cinta dimana JOHNSON’S® akan memandu dan mengadvokasi orangtua dengan membekali mereka pengetahuan ritual pijat bayi.”

“Program yang telah dijalankan selama 2 bulan dari bulan Mei – Juni 2018 ini telah mendapatkan respon yang luar biasa dari lebih dari 250.000 ibu-ibu di seluruh Indonesia. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para ibu dan juga mitra yang dengan sepenuh hati telah memberikan dukungannya agar seluruh anak Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Sumbangan ini akan diberikan kepada mitra Save the Children di Indonesia dan nantinya akan disalurkan untuk mengedukasi lebih banyak ibu untuk merawat bayi baru lahir,” tambah Lakish.

Ritual pemijatan bayi yang rutin dilakukan oleh orangtua memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan juga berpengaruh terhadap perkembangan bayi, proses komunikasi dan juga belajarnya. dr. Bernie Endyarnie Medise, SpA(K), MPH, dari UKK Tumbuh Kembang- Pediatri  Sosial,   Ikatan   Dokter   Anak   Indonesia   (IDAI)   menyatakan,   “Tidak  hanya membangun serta memperkuat ikatan antara bayi dan orangtua, sentuhan cinta yang diberikan    oleh    ibu melalui    ritual    mandi    dan    pijat    bayi    selama    masa   neonatal dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi dan memperlancar sirkulasi darah. Selain itu, pijat bayi juga dapat membantu bayi untuk tidur lebih nyenyak serta baik bagi sistem pencernaan yang sangat penting untuk mencerna dan menyerap makanan. Dengan melakukan hal tersebut, maka ibu membantu bayi menjadi lebih kuat untuk terus tumbuh dan berkembang secara optimal.”

Pada kesempatan yang sama, Maitra Widiantini, FRMC Director Yayasan Sayangi Tunas Cilik - mitra Save The Children di Indonesia, turut menyatakan penghargaannya atas dukungan yang telah diberikan para ibu pada program Sentuhan Cinta. Maitra mengatakan, “Kami sangat menghargai dan berterima kasih terhadap inisiatif JOHNSON’S® melalui program Sentuhan Cinta. Kontribusi yang kami dapatkan dari para ibu di Indonesia akan membantu kami untuk menjalankan aktivitas terkait program “Kesehatan Ibu dan Anak”, khususnya bagi bayi yang baru lahir dan juga program bagi bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR). Adanya dukungan ini semakin membantu kami dalam misi untuk menjangkau ribuan anak serta mengedukasi ayah dan ibu di Indonesia akan pentingnya kelekatan orangtua dengan anak, termasuk melalui sentuhan yang  dapat  dilakukan  melalui ritual pijat bayi, inisiasi menyusu dini dan ASI eksklusif.”

Turut memberikan tanggapan atas Sentuhan Cinta, Bapak Solihin Sol, Corporate Affair Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk mengungkapkan, “Merupakan suatu penghargaan bagi kami untuk dapat berpartisipasi kembali bersama JOHNSON’S® tahun ini melalui program Sentuhan Cinta. Tentunya hal ini juga dapat terlaksana berkat dukungan para konsumen. Oleh karena itu, kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung kampanye ini. Semoga edukasi pijat bayi yang akan dilaksanakan dapat memberikan dampak positif dan juga meningkatkan kualitas perkembangan serta kesehatan anak Indonesia.”

Jessica Stephanie Jap, Head of Merchant Partnership Tokopedia yang hadir dalam acara konferensi pers turut menyampaikan, “Kami sangat senang dapat menjadi bagian dari program 'Sentuhan Cinta' dari JOHNSON’S®. Dengan tersedianya produk Johnson & Johnson di Tokopedia, kami berharap para orang tua dari Sabang sampai Merauke memiliki akses yang sama untuk memperoleh hal-hal yang dibutuhkan untuk menuangkan kasih sayangnya.”

Peluncuran Gerakan Pijat Bayi Nasional

Untuk memastikan setiap bayi memiliki kehidupan yang bahagia dan sehat, tentunya komitmen JOHNSON'S® tidak hanya sampai disini. Brand Manager JOHNSON'S, Wynne Lukman mengatakan, “Memastikan orangtua mengetahui pentingnya sentuhan cinta ibu yang diberikan melalui ritual pijat dan mandi bayi telah menjadi komitmen JOHNSON’S® sejak lama. Kami bahkan telah mengadakan kegiatan-kegiatan terkait edukasi ritual pijat dan mandi bayi di berbagai wilayah Indonesia yang secara rutin dilakukan setiap tahunnya, seperti misalnya tahun lalu, kami mengadakan pelatihan pijat bayi bersama ratusan bidan di Jakarta. Dan sebagai bagian dari kegiatan kampanye Sentuhan Cinta juga upaya kami  untuk meningkatkan kesejahteraan bayi di Indonesia, di hari Sabtu, tanggal 7 Juli 2018 nanti, JOHNSON'S® akan mengadakan Gerakan Pijat Bayi Nasional di The Hall, Senayan City.”

Gerakan Pijat Bayi Nasional yang turut didukung oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ini, rencananya juga akan berupaya memecahkan rekor MURI untuk peserta edukasi pijat bayi terbanyak dengan total jumlah peserta lebih dari 500 ibu yang memiliki bayi maksimum berusia 9 bulan dan ibu hamil. Gerakan ini juga sebuah wujud nyata dukungan JOHNSON'S® dalam Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga.

Wynne menambahkan, “Untuk menjangkau lebih banyak lagi ibu di berbagai wilayah Indonesia, kegiatan ini tidak hanya akan dilakukan di Jakarta, tetapi juga dilakukan edukasi melalui live streaming di 2 kota lainnya, yaitu Medan dan Surabaya. Kami harap dengan semakin banyaknya ibu yang memahami pentingnya pijat bayi bagi perkembangan si kecil, maka bayi akan dapat tumbuh lebih kuat, sehingga kesempatan mereka untuk terus berkembang sehat dan bahagia dapat tercapai.”

Informasi mengenai Gerakan Pijat Bayi Nasional bisa di akses melalui akun resmi JOHNSON’S® di Instagram @johnsonsbaby_id atau Facebook @JohnsonsBabyIndonesia. Untuk para ibu dan calon ibu yang ingin turut serta dalam kegiatan ini bisa melakukan pendaftaran melalui Whatsapp di 0822 97093936.

Read 155 times Last modified on Monday, 09 July 2018 16:50

Tentang Kami