Live Streaming
Monday, 07 May 2018 13:06

London ingin tangkap peluang besar infrastruktur di Indonesia

Sumber: bbc.com

London menyatakan ingin menangkap peluang besar dalam sektor infrastruktur di Indonesia dengan kebutuhan yang disebut Bank Dunia masih kurang US$1,5 triliun. Charles Bowman, Lord Mayor of London -wali kota London khusus untuk wilayah yang mencakup area kawasan finansial London- mengatakan hal itu menjelang kunjungan ke Indonesia dan Singapura, pekan ini, untuk meningkatkan kerja sama lebih lanjut dalam bidang finansial khususnya pembiayaan infrastruktur. Menurut Bank Dunia, Indonesia memerlukan US$1,5 triliun kebutuhan dana untuk infrastruktur. Kurangnya jalan yang layak serta koridor transportasi yang menghubungkan tempat-tempat di seluruh Indonesia merupakan hambatan logistik yang menyebabkan tingginya biaya untuk bisnis.

Lord Mayor of London Charles Bowman mengatakan London memiliki keahlian dan kemampuan dalam membantu pembiayaan proyek infrastruktur Indonesia. Bowman direncanakan akan membuka perdagangan di Bursa Efek Indonesia sebelum melakukan serangkaian pertemuan dengan para pejabat keuangan Indonesia untuk mempromosikan London sebagai salah satu pusat keuangan yang menjual obligasi dengan demoninasi rupiah dengan nama Komodo Bond. Komodo Bond diterbitkan oleh PT Jasa Marga di Bursa Saham London tanggal 13 Desember tahun lalu dengan nilai yang diterbitkan mencapai sekitar Rp4 triliun, untuk kebutuhan pendanaan perseroan dalam pembangunan jalan tol.

Melalui penerbitan Komodo Bond di London, maka ada alternatif pendanaan dari luar negeri yang berdemoninasi rupiah. Dari rencana pembangunan infrastruktur lima tahun yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo, Indonesia masih memerlukan sekitar US$150 miliar. Pemerintah sejauh ini baru menerima janji lebih untuk lebih dari setengah dana yang diperlukan guna mengembangkan proyek prasarana, termasuk jalan, bandar udara, dan jaringan kereta dalam rencana total senilai US$327 miliar. Hanya sekitar US$15 miliar dari anggaran negara dan selebihnya dari sektor swasta termasuk dari luar negeri. Lord Mayor London, Charles Bowman mengatakan proyek infrastruktur yang ditawarkan Indonesia sangat beragam "mulai dari transportasi sampai energi" dan karena itu kunjungannya ditujukan "untuk memahami lebih lanjut apa yang bisa dilakukan oleh London," untuk meningkatkan kerja sama dalam pembiayaan proyek infrastruktur.

Read 130 times Last modified on Monday, 07 May 2018 13:11

Tentang Kami