Live Streaming
Tuesday, 10 April 2018 10:26

Pemerintah Indonesia sedang kembangkan Ummart, toko ritel berbasis pesantren

Sumber:KOMPAS.com

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan tengah merancang Ummart (Umat Mart), toko ritel yang akan didirikan di lingkungan pondok pesantren. Guna mewujudkan hal tersebut, Kemendag bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) memilih Jawa Timur sebagai pilot project.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengungkapkan, ide ini didasari pada potensi memajukan ekonomi di sektor ritel melalui keberadaan pondok pesantren yang tersebar di seluruh Indonesia. Mendag juga menilai, masih banyak daerah yang mengalami kesenjangan dalam hal toko ritel modern dengan warung dan toko tradisional yang ada di suatu wilayah. Melalui program tersebut, para santri akan dibekali dengan kemampuan berbisnis dan mengelola toko ritel.

Kemendag bersama Aprindo dan Hipmi juga akan memfasilitasi bantuan perbankan untuk kredit modal usaha para santri dalam membuka Ummart di pondok pesantren mereka. Selama ini, kehadiran toko tradisional dan warung belum bisa menyaingi jaringan toko ritel dengan sistem yang sudah mereka jalani. Nantinya, melalui program ini, Ummart akan memiliki standar yang sama dengan toko ritel lainnya di wilayah, bahkan diklaim memiliki keunggulan tersendiri.

Read 198 times

Tentang Kami