Live Streaming
Tuesday, 10 April 2018 10:26

Indonesia pererat hubungan dengan negara-negara Afrika

Info: INFONAWACITA.COM

Deputi Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden, Eko Sulistyo meyakini jika Indonesia dibawah Kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bisa maju dengan Afrika. Oleh karenanya pada momen Africa Forum (IAF) 2018 di Bali Eko menyarankan untuk Indonesia bisa kedepankan kerjasama “Dasasila Bandung”. Yakni kerjasama yang bisa saling menguntungkan satu sama lain. Pada kolomnya yang diunggah Ksp.go.id pada Senin (9/4/2018) Eko menjelaskan jika pada 10-11 April besok Indonesia akan menjadi tuan rumah pada forum tersebut.

Dijadwalkan Presiden Jokowi akan membuka forum di hari pertama yang kemudian disusul Wakil Presiden Jusuf Kalla di hari kedua. Presiden Jokowi kata Eko, memang sangat konsern untuk bisa terus memajukan kerjasama dengan negara-negara di Afrika. Misalnya pada KTT G20 di Berlin, 8 Juli 2017 lalu Presiden menekankan pentingnya negara-negara Afrika untuk dijadikan prioritas dalam diplomasi, kerja sama pembangunan, investasi dan perdagangan Indonesia.

Setidaknya ada beberapa hal yang membuat negara-negara di Afrika akan bisa bergabung untuk kuasai ekonomi dunia di tahun 2050 nanti. Faktor tersebut yakni populasi muda bekerja yang tinggi dan urbanisasi. Saat ini berdasarkan data perdagangan Indonesia-Afrika dari Kementerian Perdagangan, selama 2017 total perdagangan dan investasi Indonesia dengan Afrika senilai 8,83 miliar dolar (4,86 miliar dolar ekspor dan 3,97 miliar dolar impor). Lebih 28 perusahaan swasta dan BUMN Indonesia melakukan perdagangan, bisnis dan investasi di Afrika. Sementara investasi Afrika di Indonesia secara kumulatif sejak 2010 mencapai 5,23 miliar dollar AS untuk 1.270 proyek.

Read 458 times

Tentang Kami