Live Streaming
Thursday, 11 March 2021 09:54

Presiden Jokowi dan Menko Airlangga Tinjau Vaksinasi Massal di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah

Semarang - Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah pada Rabu (10/2).

Di DIY Presiden RI Joko Widodo bersama Menko Airlangga meninjau pelaksanaan vaksinasi massal terhadap seniman dan budayawan. Selanjutnya di Kota Semarang, Jawa Tengah Presiden beserta rombongan melakukan peninjauan pelaksanaan vaksinasi massal terhadap ulama, tokoh lintas agama, santri, dan petugas pelayan publik Provinsi Jawa Tengah.

“Pagi hari ini dilaksanakan vaksinasi [bagi] sebanyak 517 seniman, baik itu seniman musik, tari, seni rupa, pelukis, seni tradisional sampai modern, semuanya tadi divaksinasi dan alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar,” ujar Presiden RI Joko Widodo usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Dusun Kembaran, Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Presiden menyadari bahwa pandemi COVID-19 adalah keadaan yang tidak mudah bagi pekerja seni. Namun, ia berharap para pekerja di bidang seni dan budaya tetap bersemangat dan tidak berhenti berkarya.

“Kita harus terus merawat semangat, agar beliau-beliau yang bekerja di bidang seni ini terus memiliki semangat untuk berkarya. Meskipun dalam masa pandemi dan adanya pembatasan-pembatasan yang ada tetapi karyanya tidak pernah berhenti,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Yayasan PSBK, Butet Kartaredjasa menyampaikan apresiasi atas perhatian Pemerintah terhadap seniman dan budayawan sebagai salah satu pekerjaan yang sangat terdampak pandemi Covid-19.

Vaksinasi massal di PSBK ini diikuti seniman dan budayawan dari berbagai lintas disiplin, seperti perupa, penyair, sastrawan, penari, pemusik, dalang, sampai pemain ketoprak. Presiden berharap vaksinasi ini dapat memberikan perlindungan bagi para pelaku seni dan budaya tersebut.


Peninjauan Vaksinasi di Jawa Tengah

Bertolak dari DIY, sekitar pukul 13.30 WIB Presiden dan rombongan tiba di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang. MAJT menjadi titik digelarnya pelaksanaan vaksinasi massal bagi para ulama, tokoh lintas agama, hingga para santri.

Presiden berharap agar pelaksanaan vaksinasi massal yang diperuntukkan bagi para ulama, tokoh lintas agama, dan para santri juga segera dilakukan di daerah-daerah lainnya.

"Kita harapkan semakin hari semakin banyak dari warga kita yang divaksinasi. Ini akan memberikan sebuah kekebalan komunal dan kita berharap laju penularan Covid-19 bisa kita cegah," tuturnya.

Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Jawa Tengah turut meninjau jalannya pelaksanaan vaksinasi massal yang secara keseluruhan diperuntukkan bagi kurang lebih 1.000 penerima vaksin.

Sebelumnya, vaksinasi massal bagi ulama dan tokoh lintas agama juga telah dilaksanakan di Masjid Istiqlal, DKI Jakarta pada 23 Februari lalu.

Hadir mendampingi Presiden Joko Widodo dalam rangkaian kunjungan pelaksanaan vaksinasi massal di DIY dan Jateng antara lain Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (nck)

Read 57 times

Tentang Kami