Live Streaming
Thursday, 25 July 2019 13:40

Polisi Gadungan Ini Pedaya Mahasiswi di Purworejo.

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Purworejo - Seorang pria asal Kabupaten Semarang, Jawa Tengah berhasil menipu mahasiswi di Purworejo dengan berlagak seperti anggota polisi. Setelah korban terpedaya, barang-barang milik korban pun dibawa kabur oleh pelaku termasuk sepeda motor. Tersangka adalah Damas Samboja (23) warga Desa Kalikayen, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Pria yang hanya lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) ini telah menipu seorang mahasiswi Arum Setyani (25) warga Desa Grabag, Kecamatan Grabag, Purworejo.

Sebelum menipu dan menggasak barang-barang milik korban, tersangka berkenalan dengan korban melalui media sosial TANTAN. Untuk meyakinkan korban, tersangka sendiri memasang Display Picture (DP) dengan foto berpenampilan seperti anggota polisi dan berpose di depan mobil polisi militer lengkap dengan menenteng senjata. "Kalau di depan petugas tersangka tidak ngaku sebagai anggota polisi, tapi kalau dengan korban belum tahu karena modusnya dengan berpenampilan seperti polisi, foto di depan mobil polisi militer dan membawa senjata. Akhirnya korban percaya dan mau diajak ketemuan. Korban sendiri adalah seorang mahasiswi," ungkap Kasatreskrim Polres Purworejo, AKP Haryo Seto Liestyawan saat menggelar pers rilis, Kamis (25/7/2019).

Setelah tersangka dan korban bertemu, lanjut Haryo, mereka kemudian berencana untuk menginap di sebuah hotel di Purworejo dengan memesan sebuah kamar. Saat korban mandi, tersangka kemudian melancarkan aksinya dengan membawa kabur barang-barang milik korban berupa dompet, HP dan sepeda motor. "Setelah berhasil membawa barang-barang dan motor korban, kemudian tersangka kabur menuju arah Purwokerto. Nah, modus ini sudah dilakukan tersangka beberapa kali baik di Semarang maupun Purworejo," lanjutnya.

Karena merasa tertipu, korban pun akhirnya melaporkan kejadian tersebut kepada petugas hingga akhirnya tersangka berhasil diringkus petugas beberapa hari lalu di rumah kos tersangka di Purwokerto. Sementara itu, tersangka yang pernah menjadi sopir taksi online itu mengaku bahwa foto dirinya yang berlagak seperti polisi itu ia ambil di sebuah bandara saat mengantar penumpang. Adapun hasil kejahatan sebelumnya, dijual secara online.

"Waktu itu pas di bandara, terus ada mobil itu (polisi militer) ya saya minta foto, senjatanya ya pinjam sekalian boleh kok dipinjam buat foto. Sebelumnya juga dapat sepeda motor, tapi sudah saya jual lewat online," katanya.

Dari kasus tersebut, petugas berhasil mengamankan barang bukti milik korban berupa satu unit sepeda motor, dompet, surat-surat kendaraan, kartu identitas, ATM serta sebuah HP. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kini tersangka harus mendekam di sel tahanan Mapolres Purworejo dan bakal dijerat pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman 5 tahun penjara.
(sip/sip)

 

Sumber : https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4638705/polisi-gadungan-ini-pedaya-mahasiswi-di-purworejo?_ga=2.17420985.1279176802.1563852226-1333018960.1563852226

Read 345 times

Tentang Kami