Live Streaming
super me

super me

Page 1 of 45

sumber : detik.com

Rama Shinta - Usai mengalahkan Conor McGregor, Khabib Nurmagomedovmembidik lawan baru untuk dikalahkan. Yang dia tantang adalah mantan juara dunia tinju Floyd Mayweather Jr.

"Ayo, Floyd, kita harus bertarung sekarang," ucap Khabib dalam video Instagram yang direkam oleh Leonard Ellerbe, yang tak lain merupakan Presiden Eksekutif Mayweather Promotions.

Jika benar terlaksana, ini akan jadi duel yang sangat dinantikan. Khabib dan Mayweather sama-sama punya rekor tak terkalahkan, meski datang dari 'dunia' berbeda.

Si petarung Rusia telah 27 kali menjalani duel dan meraih 27 kemenangan. Sementara si petinju asal Amerika Serikat 50 kali naik ring dan juga tak pernah kalah.

Yang menarik, mereka berdua sudah mengalahkan Conor McGregor. Khabib menang di ronde empat pada pekan lalu, sementara Mayweather menang TKO di ronde 10 dalam pertarungan yang dilangsungkan Agustus 2017.

"50-0 v 27-0, dua orang yang tak pernah kalah, kenapa tidak? Karena di hutan hanya ada satu raja," lanjut Khabib dikutip dari BBC.

"Tentu saja sayalah raja itu. Karena dia (Mayweather) tak bisa memukul jatuh McGregor, tapi saya bisa menjatuhkannya dengan mudah," lanjut Khabib.

 


Menarik dinantikan bagaimana Mayweather akan menanggapi tantangan ini. Bukan tak mungkin duel Khabib vs Mayweather juga akan dilangsungkan di ring tinju dan menggunakan aturan tinju.

sumber : detik.com

Rama Shinta - Seorang pria diamankan polisi Kudus karena aksi penipuan bermodus membantu proses penerimaan mahasiswa Fakultas Kedokteran sebuah kampus di Semarang. Pelaku berinisial SM (62) mengantongi uang ratusan juta dari aksinya ini.

"Hasil penyelidikan, petugas berhasil menangkap pelaku di rumahnya kemarin sekitar pukul 19.00 WIB," kata Kasat Reskrim Polres Kudus AKP Agus Supriadi melalui pesan singkat kepada detikcom, Sabtu (13/10/201).

Agus mengatakan bahwa pelaku merupakan mantan dosen. 

"Iya betul (dosen). Tapi sepertinya sudah diberhentikan," ungkap Agus.

Agus menjelaskan modus yang dilakukan pelaku. Kepada korbannya, SM berjanji akan membantu agar anak korban bisa diterima di Fakultas Kedokteran sebuah kampus di Semarang.

"Syaratnya korban harus menyerahkan uang sebesar Rp 201 juta. Uang itu dibayar secara bertahap mulai dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2017," beber Agus.


Rupanya sampai 2017 berlalu, pelaku tak juga memenuhi janjinya. Korban pun kesal sehingga dia melaporkannya ke Polres Kudus. Dari dasar laporan korban, petugas Sat Reskrim Polres Kudus langsung melakukan penyelidikan.

Saat ini pelaku diamankan di Mapolres Kudus untuk menjalani proses penyidikan lebih lanjut. Pelaku dijerat dengan tindak pidana penipuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 378 KUHP.


Kepada polisi, lanjut Agus, pelaku mengaku telah beraksi sebanyak dua kali. Dengan nilai uang yang diminta ke korban lain juga sekitar 200 juta. Adapun uang yang diminta, kata dia, dimanfaatkan korban untuk memenuhi kebutuhan hidup.

"Cara pelaku cari calon korban dengan bujuk rayu dan iming bisa masuk jurusan dokter," ungkapnya.

sumber : cnnindonesia.com

Rama Shinta - Kala menonton First Man, rasanya seperti melihat rekaman lawas, mengenang kembali salah satu momentum bersejarah dalam umat manusia, kala Neil Armstrong jadi manusia pertama yang berhasil menginjakkan kaki di bulan.

First Man tak banyak bumbu drama, apalagi pertarungan ala Venom yang menjadi saingannya tayang di Indonesia.

Film biopik ini fokus mengisahkan proses Armstrong bisa mendaratkan kaki di bulan dalam proyek NASA, lebih tepatnya pada periode mulai dari 1961 hingga momentum bersejarah itu terjadi pada 20 Juli 1969 lewat penerbangan Apollo 11.


Digarap oleh Damien Chazelle dan ditulis oleh Josh Singer, First Man mengadaptasi kisah Armstrong yang ditulis oleh James R Hansen dalam First Man: The Life of Neil A Armstrong.


Mengambil kisah sembilan tahun dari buku dengan total halaman 788 halaman tersebut tentu bukan perkara mudah. Ada banyak adaptasi, namun Singer melakukannya dengan cukup baik.

Singer memilih fokus pada rentetan proses uji coba dan proyek NASA yang lebih banyak gagal dibandingkan berhasil sehingga menimbulkan kegalauan Armstrong yang diperankan Ryan Gosling.

Armstrong menjadi sosok yang -bisa dibilang- tak pernah menyangka akan menjadi pemimpin proyek Apollo 11, di tengah kekhawatiran sang istri, anak-anak yang butuh perhatian khusus, kematian satu per satu sahabatnya, serta tekanan publik, pemerintah, juga anggota dewan.

Buku First Man: The Life of Neil A Armstrong banyak mengisahkan sisi kehidupan sang astronot. Namun dalam First Man, Singer dan Chazelle memilih mengekspos kegalauan Janet Shearon, istri pertama Armstrong, yang diperankan oleh Claire Foy, sebagai aspek kehidupan pribadi si pilot pesawat luar angkasa.

Ryan Gosling jadi Neil Armstrong dalam 'First Man'.Ryan Gosling (kiri) jadi Neil Armstrong dalam 'First Man'. (Dok. Universal Studios via imdb.com)


Foy memerankan sosok Shearon dengan amat apik. Peran Shearon dalam film ini penting, bukan hanya sekadar istri yang khawatir suaminya tak kembali seperti pada astronot lainnya, melainkan karena membuka karakter Armstrong yang introvert.

Posisi Shearon itu lah yang memudahkan saya memahami karakter Armstrong yang dibawakan oleh Ryan Gosling. Di sisi lain, sulit rasanya melupakan karakter Sebastian Wilder yang dimainkan Gosling dalam La La Land (2016).

Sebagai cerita biopik, First Man cukup memiliki banyak isu baik sosial maupun politik yang dibawa. Salah satunya seperti masalah rasial di masa persiapan Apollo 11, atau kala Armstrong dan NASA harus mempertahankan idealisme mereka di tengah himpitan dana dan krisis dukungan politik para senator.


Namun aspek yang membuat First Man patut untuk mendapatkan jempol adalah pemilihan teknik sinematografi hingga efek visual.

Keputusan Chazelle memilih gaya visual bak repro, lengkap dengan atribut mode, riasan, hingga teknologi kala cerita itu terjadi membuat First Man terasa mengasyikkan.

Sinematografi yang apik dan klasik membuat penonton seolah menyaksikan sendiri rekaman lawas yang baru dibuka untuk publik. Hal ini jelas menambah nilai bagi film berbujet US$70 juta tersebut.

Pun, permainan efek visual melalui CGI dalam film ini sengaja dibuat terlihat sederhana, tanpa embel-embel efek secanggih Interstellar ataupun Gravity. Hal ini mungkin jadi pilihan Chazelle yang ingin membuat film ini terasa se-riil mungkin.

sumber : kompas.com

Rama Shinta - Salah satu alasan orang minum kopi adalah mendapatkan asupan kafein. Namun, seberapa banyak kafein dari jenis minuman kopi yang kini kian beragam?

Laman news.com.au mengungkapkan, sebuah penelitian terbaru menemukan kopi mana yang memiliki jumlah kafein besar.

Penelitian yang digelar di Australia itu melihat lima jenis metode menyeduh kopi populer dan menemukan bahwa espresso mengandung konsentrasi kafein tertinggi.

Peneliti sebelumnya mengukur kandungan kafein espresso, stovetop espresso,pour over atau filter brew, cold brew dan French press.

Hasilnya, minuman dengan kafein terkuat adalah espresso, yang mengekstraksi 4200mg kafein per liter. Berikutnya adalah cold brew, 2240mg per liter; diikuti dengan metode stovetop, 2192mg per liter; French press, 742mg per liter; dan pour over, 692mg per liter.

"Hasil dari penelitian ini adalah panduan untuk memahami metode pembuatan kopi yang menghasilkan lebih banyak atau lebih sedikit kafein, sehingga memungkinkan konsumen untuk membuat keputusan yang lebih tepat tentang bagaimana mereka mengonsumsi kopi," kata project manager study di Crema Coffee Garage, Ravelle King.

 

Ilustrasi menyeduh kopi
Ilustrasi menyeduh kopi(Jin_Youngin)

 

Penelitian ini menggunakan biji kopi single origin asal Kolombia dan dipimpin oleh ahli kimia Universitas Newcastle, Dr Ian van Altena.

King melanjutkan, tidak ada ukuran porsi seragam untuk semua metode, dan setiap minuman disajikan secara berbeda, namun jumlah kafein tetap meningkat setiap porsi.

"Sebagai contoh, rata-rata orang akan mengasup seluruh isi dari tiga cangkir stovetop dalam cangkir 8 oz, yang merupakan dua kali lipat kandungan kafein dibandingkan dengan espresso dalam cangkir ukuran yang sama," kata King.

"Ukuran porsi kecil yang direkomendasikan sebelum menambahkan air atau susu ekstra adalah 30 ml untuk espresso, 30 ml untuk stovetop, 60 ml untuk minuman dingin, 100 ml untuk French press, dan 250 ml untuk pour over."

Dia melanjutkan, berdasarkan pada 8 oz cup (250ml) dan ukuran porsi yang direkomendasikan ini, konsumen dapat minum tiga cangkir espresso, lima cangkir stovetop espresso, dua cangkir cold brew, lima cangkir French pressatau dua cangkir pour over--sebelum melebihi asupan maksimum kafein yang disarankan--400mg per hari.

King merasa penting untuk mengontekstualisasikan kandungan kafein, sehingga bisa menjadi panduan bagi penikmat kopi.

sumber : kompas.com

Rama Shinta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) kembali menetapkan 225 Warisan Budaya Takbenda dalam acara Apresiasi Penetapan Warisan Budaya Takbenda (10/10/2018).

Langkah ini dilakukan sebagai bentuk perlindungan dan pelestarian terhadap karya budaya takbenda di seluruh Indonesia. Acara juga disertai penyerahan sertifikat oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid kepada 30 provinsi.

Provinsi yang menerima sertifikat adalah yang karya budayanya telah ditetapkan menjadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia.

Apresiasi ini merupakan puncak dari serangkaian kegiatan yang telah dimulai sejak 21 Februari 2018. Proses penetapan warisan budaya ini melibatkan tim ahli, narasumber, Dinas Kebudayaan seluruh Indonesia, dan Balai Pelestarian Nilai Budaya. 

Beberapa proses dilakukan selama rangkaian adalah mulai dari rapat koordinasi antara pusat dan daerah, membahas usulan, proses verifikasi, penilaian, hingga penetapan.

Beberapa penampilan karya budaya ditampilkan di antaranya Syair Siak Sri Indrapura dari Riau. Syair tertulis dalam naskah kuno ini menggunakan Aksara Arab dan menjadi salah satu sumber dari penulisan sejarah.

Asal-usul serta peristiwa zaman kerajaan dan nilai - nilai leluhur warisan nenek moyang bangsa juga diceritakan di dalamnya.

Selain itu juga ada Rangguk Kumun dari Jambi. Tari Rangguk Kumun dibawakan 4 generasi turun temurun dan dipimpin seorang wanita berusia 83 tahun. Dari Sulawesi Selatan ada kebudayaan Passureq, tradisi lisan yang merupakan sarana hiburan bagi masyarakat daerah Wajo.

Dengan penetapan ini, Indonesia saat ini telah memiliki 819 Warisan Budaya Takbenda dari 8.065 karya budaya. Proses penetapan telah dilakukan mulai dari tahun 2009.

Beberapa pejabat yang turut hadir secara langsung adalah Gubernur Kalimantan Utara, Gubernur DI Yogyakarta, PLT Gubernur Jambi dan PLT Gubernur Riau.

sumber : tribunnews.com

Rama Shinta - Tunjangan untuk menyejahterakan tenaga pendidik agama mendapatkan teguran dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Kepri. Pemberian insentif senilai Rp 7,4 miliar yang dianggarkan Pemerintah Kota (Pemko) Batam dari APBD diminta untuk dikembalikan.

Padahal tenaga pendidik agama ini seharusnya di bawah naungan Kemenag (kementerian agama). Hasilnya pengeluaran tersebut menjadi temuan pemeriksa keuangan. Otomatis dana itu dikembalikan ke negara.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Batam Muhammad Yunus mengatakan, guru madrasah yang menerima insentif ini yakni, guru setingkat TK 355 orang, SD atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) 222 orang dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) atau SMP 141 orang.

"Otomatis insentif bagi 717 guru madrasah se Kota Batam dipastikan tidak terealisasi di tahun ini dan akan menjadi Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2018," ujar Yunus, Minggu (14/10/2018).

 

Mengenai besaran yang akan diterima, kata dia, apabila tidak ada perubahan rencananya mereka akan diberikan Rp1 juta per bulannya. Penerima merupakan mereka yang belum sertifikasi.

"Guru tak boleh terima ganda. Mereka yang telah sertifikasi menerima dari Kemenag," tegasnya.

Ia melanjutkan Pemerintah Kota Batam sudah menyurati BPK terkait mekanisme penyaluran bantuan ini. Apakah diberikan ke Kemenag, selanjutnya Kemenag yang menyalurkan ke rekening guru atau gimana. Tapi untuk tahun ini tidak bisa lagi.

"Terpenting wali kota harus segera menentukan mekanisme penyerahan bantuan bagi guru madrasah tersebut. Apakah harus menyalurkan kepada Kemenag dahulu, baru disalurkan kepada guru yang menerima," tegasnya.

sumber : cnnindonesia.com

Rama Shinta - Pengurus Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor DKI Jakarta meggelar kegiatan Apel Banser dan Doa untuk Bangsa dan Pahlawan, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Kalibata, Jakarta, Minggu (14/10).

Itu merupakan bagian dari agenda Kirab Satu Negeri (KSN) yang dilaksanakan di 34 Provinsi di Indonesia, dan puncaknya bakal digelar di Yogyakarta pada 24 Oktober mendatang.


Ketua PW GP Ansor DKI Jakarta Abdul Aziz menyatakan pihaknya sengaja menggelar kirab dengan apel dan doa untuk bangsa di makam pahlawan tersebut.

"Dengan diselenggarakan di Taman Makam Pahlawan ini kita sekaligus mengenang jasa para pahlawan yang telah memerdekakan dan mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia, serta berjuang dari segala pengganggu NKRI," katanya seperti dikutip dari rilis yang diterimaCNNIndonesia.com

Azis menerangkan pihaknya bakal mempromosikan semangat #KitaIniSama Bela Agama, Bangsa, dan Negeri. GP Ansor, kata dia, berkomitmen agar tetap selalu menyuarakan kesamaan bagi setiap warga dan masyarakat di Indonesia serta bersemangat untuk selalu membela agama, bangsa, dan negeri.

Aziz mengatakan dalam dinamika saat ini ada sekelompok kecil yang mencoba mengganggu konsensus kebangsaan Indonesia yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan negara kesatuan RI.

"Untuk itu, GP Ansor berkewajiban mengingatkan," tegasnya.

Meskipun apel yang digelar PW GP Ansor Jakarta, sosok yang menjadi pemimpin upacara adalah Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah. Dalam apel itu pun dihadiri sejumlah unsur perwira TNI dan Polri serta masyarakat lintas agama.

Dalam apel tersebut diserahkan Pataka Bendera Merah Putih Kirab Satu Negeri dari tiga zona, yakni Sabang, Miangas, dan Rote ke PW GP Ansor DKI Jakarta.

Setelah apel, acara dilakukan doa dan upacara tabur bunga para pahlawan di TMP Kalibata tersebut.

"Kami memberikan apresiasi tinggi atas penyelenggaraan Kirab Satu Negeri GP Ansor. Melalui Kirab Satu Negeri masyarakat diingatkan untuk mencintai negeri ini," ujar Saefullah.

Selanjutnya dia mengatakan, Kirab Satu Negeri GP Ansor bersemangat dalam menyuarakan kesamaan bagi setiap warga dan masyarakat di Indonesia.

Puncak Kirab Satu Negeri yang akan dilaksanakan di Yogyakarta tanggal 24 Oktober 2018 nanti rencananya bakal dihadiri pula Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

sumber : liputan6.com

Rama Shinta -  Studi terbaru menunjukkan diet rendah karbohidrat bukanlah cara sehat yang bisa Anda tempuh. Lebih baik mengikuti pola makan yang mencakup karbohidrat dalam jumlah cukup dan dari sumber yang tepat.

Berikut dua sumber karbohidrat untuk diet Anda, juga dua sumber yang bisa Anda hindari seperti dilansir Medical Daily.

 

 

1. Perlu: kentang

Meskipun memiliki reputasi menggemukkan dan tidak sehat, kentang bisa sebagai bagian dari diet Anda selama mereka dalam moderasi dan disiapkan dengan cara yang benar.

Ahli diet mengatakan metode terbaik adalah memanggang dan memakan kentang bersama kulitnya. Sebagian besar kandungan serat berasal dari kulit sementara bagian sayuran ini mengandung vitamin C, kalium dan bahkan protein.

 

2. Hindari: biji-bijian yang diproses

Tidak seperti padi-padian, varietas halus (seperti nasi putih atau pasta putih) mengalami banyak modifikasi ketika diproses. Terutama, bahan makanan ini kehilangan kulit luarnya yaitu bagian-bagian yang membawa banyak kandungan seratnya.

"Dalam bahan makanan ini hal-hal bagus terbuang. Karbohidrat yang cepat dicerna yang akan meningkatkan gula darah Anda," kata ahli diet dari Toronto, Abby Langer.

 

3. Perlu: pulses

Menurut ahli diet terdaftar, Sharon Palmer, pulses atau kacang-kacangan yang dipanen hanya untuk biji-bijian kering seperti lain lentil, kacang polong, kacang hitam, adalah "sumber karbohidrat sehat dan sangat baik untuk masuk ke dalam menu diet Anda. Bahan makanan ini mengandung serat, vitamin, mineral, dan fitokimia.

 

4. Hindari: jus buah

Jus buah memang memberi Anda antioksidan, vitamin, dan mineral. Tapi minuman ini juga tinggi gula, tinggi karbohidrat dan kandungan seratnya sangat rendah dibandingkan bila Anda langsung mengonsumsi buah.

"Secangkir jus apel tanpa pemanis sebanyak 12 ons mengandung sekitar 48 gram karbohidrat, yang mungkin tidak diharapkan banyak orang karena ini adalah cairan!" kata ahli diet yang berbasis di Chicago, Maggie Michalczyk.

sumber : kompas.com

Rama Shinta - Sebanyak 22 relawan asing dari sejumlah negara ditolak masuk ke kawasan Kota Palu.

Mereka terdiri dari 5 relawan asal Nepal, 8 orang Meksiko, 8 orang asal Tiongkok, dan 1 orang asal Australia.

Alasan penolakan relawan asing ini karena tidak memiliki mitra lokal berbentuk organisasi sebagai salah satu syarat izin relawan asing terjun langsung ke daerah bencana.

Selain itu, 22 relawan asing tersebut tak mengantongi syarat lainnya, seperti tidak adanya barang bantuan yang dibutuhkan oleh Pemerintah Indonesia yang mereka bawa.

Pemerintah Indonesia menerima bantuan asing terbatas pada empat itemsyang dibutuhkan, yaitu transportasi udara, genset, tenda, dan water treatment.

Selain itu, ke-22 relawan juga tidak pernah mengajukan permohonan tertulis ke Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) atau Kedutaan Besar (Kedubes) masing-masing mengenai izin pemberian bantuan.

Padahal, syarat tersebut wajib bagi relawan asing yang ingin terjun langsung ke daerah bencana.

"Kebijakan mengenai relawan asing diambil bukan dengan maksud untuk mencegah relawan asing memasuki Sulawesi Tengah, tapi untuk memastikan bahwa mereka mengutamakan koordinasi dengan tim atau badan di Indonesia yang memimpin proses penyelamatan dan upaya upaya pemulihan," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di kantor BNPB, Utan Kayu, Jakarta Timur, Kamis (11/10/2018).

Dari 22 relawan, 8 relawan asal Tiongkok hendak masuk ke Palu dengan mengklaim mendapat surat undangan langsung dari Bupati Sigi.

Namun, disinyalir surat tersebut palsu sehingga petugas tetap menolak mereka masuk ke Palu.

Dilaporkan, 3 dari 8 relawan asal Tiongkok tersebut sempat nekat memasuki Palu, meski saat ini ketiganya telah keluar dari wilayah tersebut.

Sementara, 14 relawan lainnya yang juga ditolak masuk ke daerah bencana, telah difasilitasi untuk kembali ke Balikpapan dengan menggunakan pesawat Hercules Malaysia.

"WNA tersebut telah diarahkan untuk menghubungi Tim Kemlu Posko Balikpapan guna mengajukan permohonan tertulis masuk Kota Palu setiba di Balikpapan," ujar Sutopo.

Meski demikian, petugas berterima kasih atas keinginan relawan asing untuk membantu penanggulangan bencana di Sulawesi Tengah.

Hanya saja, Sutopo menegaskan, pemberian bantuan tetap harus sesuai aturan. Hal ini berlaku di setiap negara.

"Kami terima kasih atas keinginan membantu masyarakat di Sulteng yang terkena bencana, tapi dalam bantuan tadi selalu ada aturan mainnya," kata Sutopo.

Gempa bermagnitudo 7,4 SR yang terjadi Jumat (28/9/2018) pukul 17.02 WIB di sejumlah wilayah di Sulawesi Tengah mengakibatkan 2.073 orang meninggal dunia dan 10.679 orang luka berat.

Tercatat pula, 680 orang hilang yang diperkirakan masih tertimbun di bawah reruntuhan bangunan akibat gempa dan tsunami.

Selain itu, dilaporkan juga 82.775 warga mengungsi di sejumlah titik.

67.310 rumah dan 662 sekolah tercatat rusak. Dan 22 fasilitas kesehatan serta 99 fasilitas peribadatan rusak berat.

sumber : cnnindonesia.com

Rama Shinta - Kamboja mengecam ancaman dari Uni Eropa yang akan menangguhkan perdagangan yang menguntungkan. Penangguhan perdagangan ini dinilai akan menganggu ekonomi negara yang tengah kesulitan itu. Sebab, sebagian besar pendapatan negara ini didapat dari ekspor ke negara Eropa.

Ancaman ini dikeluarkan sebagai reaksi atas pelaksanaan pemilihan umum Juni lalu yang dianggap tidak adil. Sebab, pemilihan ini diadakan tanpa adanya oposisi yang kredibel dan dinodai oleh tuduhan intimidasi kepada para pemilih.

Pekan lalu, Uni Eropa memperingatkan pemerintah bahwa mereka telah memproses untuk menarik diri dari kesepakatan perdagangan khusus dengan Kamboja.

Komisioner perdagangan Uni Eropa, Cecilia Malmstrom mengatakan jika ada perbaikan, maka prefensi perdagangan akan ditangguhkan meskipun delegasi negara itu mengklarifikasi keputusan lebih lanjut dapat memakan waktu satu tahun.

Kementrian Luar Negeri Kamboja mengatakan bahwa pihaknya hanya mengambil keputusan ini sebagai ketidakadilan yang luar biasa, ketika Uni Eropa secara terang-terangan mengabaikan kemajuan besar yang dibuat Kamboja.

Kamboja telah mengekspor sekitar $5,7 miliar (Rp 86 triliun) barang ke pasar Eropa. Kebanyakan barang itu merupakan pakaian dan alas kaki yang memiliki akses bebas tarif yang disebut Everything But Arms (EBA). Kesepakatan inilah yang diincar oleh Uni Eropa.

Perusahaan resmi kerajaan memiliki industri pakaian terbesar senilai $7 miliar (Rp 106 triliun) yang menyediakan pekerjaan bagi 740.000 orang di negara yang populasinya 15 juta.

Jika akses perdagangan khusus dibatalkan, Uni Eropa dapat meniadakan upaya 20 tahun negara itu untuk menarik jutaan orang keluar dari kemiskinan.

Kamboja dilanda rezim organisasi ultra-Maois kader Khmer Merah pada 1970an dan mengalami perang saudara hingga pemilihan umum pertama yang disponsori PBB pada 1993.

Partai Rakyat Kamboja, yang dipimpin Perdana Menteri Hun Sen menyapu semua kursi di parlemen selama pemungutan suara. Hal ini memperkuat status negara sebagai negara satu partai dan memperpanjang kekuasaannya selama 33 tahun.

Jalan menuju kemenangan diperhalus setelah pihak berwenang menindak tegas dan Mahkamah Agung membubarkan partai oposisi utama yang memenangkan lebih dari 43 persen suara dalam pemungutan suara terakhir.

Pengamat mengatakan bahwa kehilangan skema perdagangan akan menjadi pukulan besar bagi partai berkuasa khususnya yang fokus terhadap kemajuan ekonomi dan stabilitas negara.

Para pendukung tenaga kerja juga telah memperingatkan langkah tersebut dengan alasan adanya dampak potensial terhadap karyawan.

Koalisi Cambodia Apparel Workers Democratic Union (CCAWDU), Ath Thorn mengatakan bahwa pemerintah dan Uni Eropa harus duduk untuk berbicara dan menemukan cara untuk mencegah hilangnya kesepakatan perdagangan.

Page 1 of 45

Tentang Kami