Live Streaming
Page 1 of 3
13 November 2018

sumber : detik.com

Rama Shinta - Bom bunuh diri di ibu kota Afghanistan, Kabul, menewaskan sedikitnya enam orang. Pelaku bom bunuh diri meledakkan diri di dekat pos pemeriksaan polisi.

Dilansir Reuters, Selasa (13/11/2018), ada polisi yang ikut tewas dalam peristiwa itu. Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, Najib Denmark, mengatakan ledakan juga melukai sepuluh polisi dan warga sipil, termasuk perempuan.


Penyerang berjalan kaki meledakkan rompi bunuh dirinya di dekat pos tersebut. Lokasi tersebut juga dekat dengan sekolah. Di area tersebut juga dekat dengan Istana Kepresidenan serta juga ada Kementerian Keuangan dan Kementerian Keadilan.

Juru bicara kepolisian, Basir Mujahid, mengatakan dia ada sekitar 20 meter dari lokasi ledakan. Dia ada di tempat demonstrasi yang sudah bubar sekitar 30 menit sebelum terjadinya ledakan.

"Saya mengambil empat mayat, tapi ada lebih," kata Basir Mujahid tanpa merinci lebih lanjut.


Serangan itu terjadi saat ratusan demonstran berkumpul di Kabul untuk memprotes kegagalan pemerintah dalam hal mencegah serangan oleh militan Taliban di dua provinsi.

ISIS mengaku bertanggung jawab atas ledakan tersebut, menurut kantor berita Amaq.

Dua provinsi yang terkena serangan yang dimaksud ialah provinsi Ghazni dan Herat. Sejumlah korban jatuh dari pihak pasukan keamanan Afghanistandalam pertempuran berat yang terjadi akhir pekan lalu itu.

09 November 2018

sumber : cnnindonesia.com

Rama Shinta - Pengadilan Mesir memvonis penjara 65 tersangka pelaku jihad dari kelompok negara Islam (ISIS) antara lima sampai seumur hidup. 

Seorang pejabat pengadilan Mesir seperti dikutip dari Reuters mengatakan vonis tersebut dijatuhkan karena 65 orang tersebut dinyatakan terbukti telah mendukung kegiatan teroris. 

"Mereka mendirikan jaringan atau sel teroris," katanya seperti dikutip Jumat (9/11).


Sejak militer Mesir menggulingkan Presiden Islam Mohamed Morsi pada 2014, Mesir dan pasukan keamanan gencar menindak oposisi dan ekstrimis Islam. Pada Februari lalu misalnya, Mesir melancarkan serangan besar untuk mengusir pemberontak dari semenanjung tersebut. 
Sel teroris yang dimaksud dipimpin oleh "emir" Mostafa Ahmed Abdelaal. Militan tersebut pada 2017 lalu dituduh telah membentuk jaringan teroris di Mesir Hulu yang setia kepada Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi. 

Selain vonis tersebut, pengadilan di Mesir juga menjatuhkan hukuman mati terhadap delapan anggota ISIS yang melancarkan serangan berdarah di Mesir 2016 lalu.


Seorang tentara Mesir Oktober ini mengatakan sejak serangan dimulai, 450 pelaku jihad dan 30 tentara mereka tewas. 

08 November 2018

sumber : sindonews.com

Rama Shinta - Sebuah pesawat jet tempur Su-27 Rusia yang dilengkapi dengan senjata telah mencegat atau mengintersepsi pesawat mata-mata EP-3 Aries Amerika Serikat (AS) di atas Laut Hitam. Pentagon mengecam manuver jet Moskow yang mereka anggap tidak aman dan tidak profesional.

Insiden yang oleh Angkatan Laut AS untuk wilayah Eropa dinyatakan berbahaya itu berlangsung hari Senin, 5 November 2018.

"Interaksi ini tidak aman karena Su-27 melakukan lintasan berkecepatan tinggi langsung di depan pesawat misi, yang membuat pilot dan awak kami berisiko," kata Armada ke-6 Eropa AS, seperti dikutip dari akun Twitter resminya, @USNavyEurope.

Pesawat tempur Moskow dilaporkan menutup jarak pesawat Aries sebelum mengaktifkan afterburner, di mana bahan bakar dibuang ke dalam knalpot untuk menambah dorongan. Hal itu menyebabkan pesawat AS yang diintersepsi mengalami turbulensi.

Jet tempur Moskow berdengung keras dua kali di dekat pesawat mata-mata Washington. "Awak EP-3 melaporkan turbulensi setelah interaksi pertama, dan getaran dari yang kedua," imbuh pernyataan militer AS. "Durasi intersepsi sekitar 25 menit."

Militer Washington mengecam perilaku pilot tempur Moskow karena melakukan interaksi yang tidak bertanggung jawab di wilayah udara internasional. "Kami mengharapkan mereka untuk berperilaku dalam standar internasional yang ditetapkan untuk memastikan keamanan dan mencegah insiden, tindakan tidak aman meningkatkan risiko salah perhitungan dan potensi tabrakan di udara," lanjut pernyataan tersebut.

Pesawat EP-3 berbasis di Souda Bay, Yunani. Para pejabat AS mengatakan pesawat itu terbang dengan transponder navigasi yang mengumumkan posisinya, tetapi baik pilot Rusia maupun operator kontrol darat berusaha untuk melakukan kontak.

Kedutaan Rusia di AS dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa jet tempur Moskow sudah mengikuti semua prosedur keselamatan yang diperlukan.

"Para awak jet Su-27 melaporkan mengidentifikasi pesawat mata-mata EP-3 Aries AS dan menemaninya, mencegah pelanggaran wilayah udara Rusia dan mengikuti semua prosedur keselamatan yang diperlukan," bunyi pernyataan kedutaan.

Kementerian Pertahanan Rusia mengakui insiden itu. Namun, kementerian tersebut bersikeras bahwa jet tempur Su-27 menjaga jarak aman dari pesawat EP-3.

"Awak pesawat tempur melaporkan telah mengidentifikasi pesawat pengintai elektronik AS dan mengiringinya untuk mencegah pelanggaran perbatasan Rusia, mengikuti semua pedoman keselamatan," kata kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari Russia Today, Selasa (6/11/2018).

Kementerian itu mencatat setidaknya 17 pesawat asing dan UAV terbang untuk misi mata-mata di dekat perbatasan Rusia hanya dalam seminggu. Jet-jet tempur Moskow telah dikerahkan empat kali untuk mencegah potensi pelanggaran perbatasan negara.

08 November 2018

sumber : cnnindonesia.com

Rama Shinta Sebanyak dua muslimah lolos menjadi anggota Kongres setelah menang dalam pemilihan sela 2018 Amerika Serikat, Selasa (6/11). Kedua perempuan yang mencetak sejarah di negeri Abang Sam itu adalah Ilhan Omar yang merupakan mantan pengungsi Somalia, dan Rashida Tlaib, imigran asal Palestina.

Kedua perempuan itu merupakan politikus Demokrat yang berasal dari wilayah Midwest Amerika, dan tokoh yang cukup vokal dalam advokasi kelompok minoritas.

Omar (37), berhasil memenangkan kursi Dewan Perwakilan mewakili distrik Minneapolis dan Minnesota, menggantikan Keith Ellison yang merupakan muslim pertama yang terpilih menjadi anggota Kongres.

"Saya seorang muslim dan orang kulit hitam," ucap Omar dalam wawancaranya bersama salah satu majalah.

"Saya memutuskan mencalonkan diri karena banyak orang yang saya tahu benar-benar ingin menunjukan bagaimana perwakilan demokrasi seharusnya berjalan," lanjut Omar.

Omar lari ke Negeri Paman Sam saat berusia delapan tahun bersama kedua orang tuanya akibat perang sipil yang melanda Somalia saat itu. Sebelum tiba di AS, Omar dan keluargnya sempat menghabiskan waktu empat tahun tinggal di kamp pengungsian di Kenya.

Setelah itu dia dan keluarganya hijrah ke AS dan menetap di Minnesota pada 1997. Wilayah itu memiliki populasi warga Somalia yang cukup besar.

Dikutip AFP, dia memenangkan kursi legislatif negara bagian pada 2016 lalu. Sebelum itu, dia sempat bekerja sebagai pengurus komunitas di Minneapolis dan menjadi ketua organisasi pemerhati hak warga sipil Amerika-Afrika (NAACP).

Omar memutuskan mencalonkan diri dalam pemilihan Kongres setelah Ellison memutuskan menyerahkan kursinya setelah 12 tahun menjabat. Sebab dia mencalonkan diri sebagai jaksa agung negara bagian Minnesota.

Sementara itu, kemenangan Tlaib dianggap tidak mengejutkan karena perempuan 42 tahun itu bertarung dalam pemilihan Dewan Perwakilan untuk wilayah Detroit hingga Dearborn, Michigan, tanpa ada lawan.

Di sisi lain, dua perempuan suku asli AS juga terpilih menjadi anggota Kongres dalam pemilu sela. Mereka adalah Sharice Davids (38) dan Deb Haaland (57) yang merupakan kandidat dari Partai Demokrat.

Davids berasal dari Kansas yang bekerja sebagai advokat dan mahir bela diri campuran. Perempuan yang mengaku penyuka sesama jenis (lesbian) itu mengalahkan pesaingnya dari Partai Republik, Kevin Yoder.

Sedangkan Haaland berasal dari New Mexico dan berhasil menumbangkan rivalnya dari Partai Republik, Janice Arnold-Jones serta kandidat Partai Libertarian, Lloyd Princeton.

Haaland berasal dari suku Pueblo of Laguna yang berusaha keras menggugah anggota sukunya supaya menggunakan hak pilih. Dia sempat menjadi tim sukses John Kerry saat maju pilpres dan relawan Barack Obama.

"Kami butuh orang yang mau membahas permasalahan kami. Kami punya perwakilan di Kongres dan akan memperjuangkan ketersediaan makanan dan jaminan kesehatan yang layak," kata Haaland.

06 November 2018

sumber : cnnindonesia.com

Rama Shinta - Amerika Serikat mengerahkan 4.800 tentara ke sejumlah titik di dekat perbatasan dengan Meksiko pada Senin (5/11).

Juru bicara Kementerian Pertahanan AS, Bob Manning, mengatakan bahwa mereka menempatkan sekitar 1.100 tentara di California, 1.100 di Arizona, dan 2.600 di Texas.

"Situasi ini akan terus berkembang dinamis dengan pengerahan unit dan personel ke daerah operasi dan kami memperkirakan dapat mencapai 5.200 personel dikerahkan hingga hari ini," ucap Manning kepada AFP.

Menurut Manning, lebih dari 7.000 tentara aktif juga diperkirakan "segera" membantu Kementerian Keamanan Dalam Negeri.

Sementara itu, sekitar 2.100 Garda Nasional juga sudah beroperasi di daerah tersebut selama beberapa bulan belakangan. Dengan kedatangan tentara ini, total personel keamanan yang ada di perbatasan itu mencapai 9.000 orang.

Operasi Patriot Terpercaya ini bertujuan untuk membengung gelombang imigran dari Amerika Tengah yang berbondong-bondong menuju AS, di mana mereka akan mengajukan suaka.

Ketika ditanya mengenai biaya operasi ini, Manning hanya mengatakan bahwa semuanya masih digodok oleh bagian finansial Pentagon.

"Kementerian sudah memiliki dana itu, tapi saya hanya belum dapat memberikan angka kepada kalian," katanya.

Namun, Manning memastikan bahwa pasukan itu tak akan melakukan kontak langsung dengan para imigran.

05 November 2018

sumber : cnnindonesia.com

Rama Shinta - Brent Taylor, Wali Kota North Ogden, Utah, dilaporkan tewas ketika satu anggota komando Afghanistan melepaskan tembakan ke arah pasukan Amerika Serikat di Kabul, Afghanistan pada akhir pekan lalu.

Seorang perwakilan dari militer AS di Afghanistan, Spencer Cox, mengonfirmasi kabar ini melalui akun Twitter dan Facebook pribadinya, Minggu (4/11).

"Saya benci ini. Saya tak bisa berkata apa-apa. Saya cinta Wali Kota Taylor, istrinya yang hebat, Jennie, dan ketujuh anaknya yang manis. Utah berduka untuknya hari ini," tulisnya.

Berdasarkan keterangan dalam situs kota North Ogden, Taylor mengambil cuti untuk mengabdi dalam Garda Nasional Utah.

"Dia adalah pria terbaik dengan kemampuan melihat potensi dan kemungkinan dari segala sesuatu di sekitarnya. Dia patriotis hingga akar dan menjadi contoh bersinar dari apa yang seharusnya ada pada politikus Amerika," demikian pernyataan dalam situs tersebut.

Juru bicara NATO di Afghanistan, Debra Richardson, mengatakan bahwa pelaku penembakan pada Sabtu itu diduga adalah anggota Pasukan Pertahanan dan Keamanan Nasional Afghanistan.

"Pelaku langsung dibunuh oleh pasukan Afghanistan lainnya," ujar Richardson sebagaimana dikutip New York Times.

Serangan semacam ini sudah dua kali terjadi dalam kurun waktu kurang dari dua pekan. Pada 22 Oktober lalu, seorang anggota komando Afghanistan menembak anggota koalisi NATO pimpinan AS di Provinsi Herat, menewaskan satu orang dan melukai dua lainnya.

Serangan dari lingkaran dalam ini sudah lama menjadi problematika dalam pasukan koalisi di Afghanistan. Puncak dari serangan ini terjadi pada 2012, ketika 61 tentara koalisi tewas akibat serangan semacam ini.

Gempuran pada akhir pekan ini pun menambah ketidakpercayaan AS terhadap sekutu di Afghanistan.

02 November 2018

sumber : mediaindonesia.com

Rama Shinta - Kaki gunung berapi Popocatepetl, Meksiko, diselimuti lautan bunga berwarna oranye terang. Hembusan angin tidak hanya membuat lautan bunga seakan bergoyang, tapi juga melepaskan wangi bunga yang begitu intens.

Berangkat dari sejarah budaya yang mengakar di masyarakat Spanyol atau Hispanik, sebaran kelopak bunga cempasuchil yang dikenal dengan sebutan marigold Meksiko, menjadi panduan bagi jiwa yang telah pergi dalam perayaan Hari Orang Mati.

Bunga khas tersebut memiliki peranan penting pada persembahan yang disiapkan penduduk Meksiko untuk puncak perayaan tradisional. Tradisi yang bertujuan menghormati orang yang sudah meninggal, akan berakhir pada Jumat mendatang.

Legenda peradaban Aztek meyakini cempasuchil tercipta dari tubuh seorang perempuan bernama Xochitl, yang menantikan kematian agar bisa bertemu kembali dengan sang kekasih yang meninggal lebih dulu, Huitzilin. Pasangan tersebut bersumpah untuk saling mencintai, bahkan di alam baka sekalipun. Akan tetapi, begitu Huitzilin tewas dalam pertempuran, hati Xochitl seketika hancur. Perempuan malang itu pun memohon kepada para dewa agar membawanya ke dunia orang mati.

Dewa Matahari Tonatiuh mendengar permohonan Xochitl, dan kemudian menjatuhkan sinarnya yang mengubah Xochitl menjadi bunga layaknya sinar matahari. Adapun, Huitzilin dipercayai telah bereinkarnasi sebagai burung kolobri. Tradisi turun-temurun itu mengingatkan kekuatan cinta pasangan kekasih akan bertahan, selama ada burung kolibri dan hamparan bunga cempasuchil.

Total luas ladang bunga cempasuchil mencapai 1.700 hektare yang tersebar di 14 negara bagian, mulai dari wilayah utara Baja California hingga wilayah selatan Oxaca. Namun, ladang jeruk di Negara Bagian Puebla juga ikut ditumbuhi cempasuchil. Produksi bunga cempasuchil di Meksiko mencapai 15 ribu ton.

Pada peringatan Hari Orang Mati, karangan bunga besar disusun bersama potret orang-orang terkasih yang telah meninggal. "Saya menaruh kelopak bunga sebanyak mungkin, dengan pola seperti jalan yang menuntuk roh kakek dan nenek untuk menemukan jalan pulang ke rumah," ujar Ponte, warga Meksiko yang antusias merayakan tradisi unik tersebut.

Sebagian besar percaya kelopak bunga marigold mampu menyerap panas matahari, sekaligus mewakili Sang Ilahi. Bunga cempasuchil kerap digunakan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat Meksiko tempo dulu. Mulai dari keperluan altar dan dekorasi kuburan, lukisan para tahanan yang siap dikorbankan, hingga bahan pembuatan obat alami untuk berbagai penyakit.

"Penting untuk melestarikan tradisi (yang menggunakan cempasuchil), karena berdampak besar pada perekonomian masyarakat," imbuh Ponte yang bekerja di ladang bunga cempasuchil. Selama musim panen pada akhir Oktober, dia bekerja selama 12 jam per hari dengan bayaran 10 peso untuk setiap 50 bunga.

Tahun lalu, panen bunga cempasuchil menghasilkan nilai sekitar 55 juta peso atau US$2,7 juta.

31 October 2018

sumber : cnnindonesia.com

Rama Shinta - Rusia berencana melakukan uji rudal balistik pada pekan ini di lepas perairan Norwegia. Padahal lokasi itu adalah tempat Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) menggelar latihan militer terbesar sejak Perang Dingin.

"Kami diberi tahu pekan lalu terkati rencana Rusia menguji coba rudal di lepas pantai di sini," ujar Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg kepada wartawan di barat Norwegia, dikutipAFP, Selasa (30/10).

"Saya berharap Rusia akan berperilaku profesional."

Zona bakal dipakai Rusia untuk menguji rudal meliputi bagian dari wilayah yang digunakan NATO untuk melaksanakan latihan Trident Juncture sejak 25 Oktober hingga 7 November mendatang. Latihan tersebut melibatkan sedikitnya 50 ribu tentara, 65 kapal, dan 250 jet tempur dari 31 negara anggota.

Latihan yang dilakukan beberapa ratus kilometer dari perbatasan Norwegia-Rusia itu bertujuan untuk melatih NATO menghadapi ancaman lawan, dalam hal ini Rusia.

"Uji coba rudal tidak akan mengubah dan mempengaruhi rencana latihan militer kami," kata Stoltenberg.

Sementara itu, lembaga operator publik bandara sipil Norwegia, Avinor, mengatakan Rusia telah mengirim NOTAM atau nota pemberitahuan terkait uji coba peluru kendali yang akan mereka lakukan pada 1-3 November di Laut Norwegia.


Juru bicara Avinor, Erik Lodding, mengatakan pemberian NOTAM di tengah zona latihan memang tidak lazim. Meski begitu, dia memastikan tidak ada yang kontroversial terkait rencana Rusia itu.

"Ini prosedur normal," ucap Lodding.

29 October 2018

Rama Shinta - Presiden Palestina Mahmud Abbas pada Minggu kembali menegaskan akan menolak setiap proposal perdamaian konflik Palestina-Israel yang diajukan oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Dikutip dari AFP, Abbas mengatakan hal tersebut saat pertemuan dengan para pemimpin PLO dalam rangka membicarakan langkah selanjutnya yang akan diambil.

Berbicara dalam pembukaan pertemuan dewan pusat PLO yang terbilang langka digelar, Abbas mengatakan bahwa rakyat Palestina saat ini menghadapi fase terburuk dalam sejarah mereka seraya menyebutkan sejumlah langkah kontroversial yang diambil Trump termasuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.


Abbas telah memboikot pemerintahan Trump sejak Amerika mengakui Yerusalem pada Desember lalu.

Dia membandingkan proposal perdamaian yang akan diajukan Trump dengan Deklarasi Balfour 1917 silam, dimana Inggris menyatakan komitmennya dalam pembentukan sebuah negara untuk etnis Yahudi di wilayah Palestina.

"Jika Deklarasi Balfour lolos, kali ini tak akan lolos," kata Abbas.

Trump sendiri telah menghentikan bantuan miliaran dolar AS kepada Palestina setelah dirinya marah oleh penolakan Abbas bertemu dengannya atau pejabat pemerintahannya. Meski demikian Trump masih berharap bisa merilis rencana perdamaian pada bulan-bulan ini.

"Mereka (AS) masih berbicara soal kesepakatan besar, dan itu akan mereka hadirkan pada bulan-bulan ini," kata Abbas menyindir Trump.

Lebih lanjut Abbas juga menegaskan pemerintahannya bakal memperbarui dukungan finansial kepada para keluarga Palestina yang terbunuh atau dipenjara Israel.

Israel memandang sokongan finansial kepada keluarga yang menyerang warganya sebagai upaya menyuburkan terorisme. Washington juga mengkritik kebijakan itu.

Di sisi lain Palestina menyebut warganya yang dipenjara atau terbunuh saat menyerang Israel sebagai aksi melawan pendudukan Negeri Zionis.

"Pemberian bantuan keuangan kepada para martir dan tahanan telah menjadi posisi tegas kami," ujar Abbas.

26 October 2018

sumber : cnnindonesia.com

Rama Shinta - Ethiopia kini memiliki presiden wanita pertama di negara itu. Negara kedua terbesar di Afrika itu menunjuk Sahle-Work Zewde (68) untuk menjadi pemimpin mereka, Kamis (25/10).

Sahle-Wo dipilih dengan suara bulat oleh anggota parlemen Ethiopia. Mantan diplomat ini menggantikan Mulatu Teshome yang mengundurkan diri dengan alasan yang tidak jelas. Sebagai presiden ia diperkirakan akan menduduki jabatan ini selama dua periode enam tahun.

Perdana Menteri reformis Ethiopia, Abiy Ahmed pekan lalu menunjuk kabinet yang lebih ramping berisi 20 orang di mana separuh pos kementerian di kabinet ini dipegang oleh perempuan.


Beberapa diantaranya adalah Menteri Pertahanan Aisha Mohammed. Muferiat Kamil yang memimpin Kementerian Perdamaian yang baru dibentuk. Kementerian tersebut bertanggung jawab atas polisi dan badan intelijen dalam negeri.

"Jika perubahan di Ethiopia saat ini [...] dapat mempertahankan momentumnya dapat mewujudkan Ethiopia yang makmur bebas dari diskriminasi agama, etnis dan gender," jelas Sahle-Work.

Sahle-Work, yang lahir di ibukota Addis Ababa dan berkuliah di Perancis. Ia telah menjadi duta besar Ethiopia untuk Perancis, Djibouti, Senegal, dan blok regional, Otoritas Pembangunan Antarpemerintah (IGAD).

Tepat sebelum penunjukannya sebagai presiden dia adalah pejabat tinggi PBB di Uni Afrika. Dia fasih berbahasa Inggris, Perancis, dan Amharik, bahasa utama Ethiopia.

Uni Eropa memuji Sahle-Work sebagai "seorang diplomat yang sangat cakap" yang menyebut penunjukannya sebagai "tanda lain dari jalan Ethiopia menuju reformasi dan kohesi internal," seperti diutarakan juru bicara layanan eksternal Uni Eropa dalam pernyataannya.


Perubahan

"Mulatu telah menunjukkan kepada kami jalan untuk perubahan dan harapan, dia telah menunjukkan keberlanjutan sebelum dan sesudah meninggalkan kekuasaan. Saya meminta orang lain untuk memperhatikan teladannya dan siap untuk berubah," kata Sahle-Work dalam sebuah pidato di depan parlemen.

Kekuasaan politik di Ethiopia dikuasai oleh perdana menteri, sementara presiden terbatas sebagai simbol negara dan menghadiri upacara. Namun, posisi Sahle-Work memiliki bobot simbolik dan pengaruh sosial yang penting.

"Pemerintah dan partai-partai oposisi harus memahami bahwa kita hidup di rumah yang sama dan harus fokus pada hal-hal yang menyatukan kita, bukan apa yang memecah belah kita. Demi menciptakan negara dan generasi yang akan membuat kita semua bangga," katanya.

"Ketiadaan perdamaian mengorbankan banyak hal, terutama wanita. Jadi selama masa jabatan saya, saya akan menekankan peran perempuan dalam menjamin perdamaian dan pembagian perdamaian bagi perempuan."

Langkah Ethiopia ini menyusul beberapa negara Afrika lain yang sempat dipimpin oleh perempuan yang memiliki kekuatan eksekutif, seperti Ellen Johnson Sirleaf di Liberia (2006-2018) dan Joyce Banda di Malawi (2012-2014).

Banda diangkat ke kursi kepresidenan setelah kematian di kantor Bingu wa Mutharika. Sementara Sirleaf memenangkan dua pemilu sebelum mundur awal tahun ini pada akhir mandatnya yang diamanatkan konstitusi.

Page 1 of 3

Tentang Kami