Live Streaming
Monday, 29 October 2018 10:16

Penambahan 20 Unit CCTV Gagal Dianggarakan Dalam APBD 2019, Ini Penjelasan Salim

sumber : tribunnews.com

Rama Shinta - Kepala Kominfo Kota Batam, Salim mengakui penambahan CCTV yang rencananya dianggarkan pada 2019 dibatalkan. Hal ini efek dari defisit anggaran di Pemerintahan Kota Batam.

"Rencananya penambahan fasilitas CCTV sebanyak 20 titik baru akan dilaksanakan di tahun 2019 setelah diusulkan di e-musrenbang," kata Salim, Minggu (28/10/2018).

Diakuinya penambahan salah satu alat keamanan ini sangat penting untuk menambah minimnya CCTV di Kota Batam. Namun dampak dari defisit ini memang sejumlah kegiatan menjadi tertunda.

Anggaran yang diusulkan Kominfo Batam sebesar Rp 6 miliar. Ada lima kegiatan di dinas tersebut, salah satunya mengenai biaya perawatan, sewa link, tagihan listrik serta gaji operator CCTV.

"Anggaran hanya segitu. Palingan hanya cukup untuk biaya perawatan dan sewa link,"tuturnya.

Menanggapi hal ini Anggota Komisi I DPRD Batam, Tumbur M Sihaloho sangat kecewa tidak adanya penambahan kameraCCTV untuk tahun 2019 mendatang. Di tengah kondisi Kota Batam yang memang benar-benar belum terjamin keamanannya.

"Kita lihat saja sendiri, kriminalitas semakin tahun semakin bertambah. CCTV kita saja minim," sesal Tumbur.

Saat ini, kata Tumbur, Pemerintah Kota (Pemko) Batam memiliki link sendiri, tentu biaya yang dikeluarkan setiap tahun bisa lebih murah. Hal ini karena anggaran yang sebelumnya membiayai sewa link bisa dialihkan kepada kegiatan lain seperti penambahan CCTV.

"CCTV ini memang penting di dalam mendukung Kota Batam sebagai smart city. Kita sewa link dan perawatan Rp 1,6 miliar. Kenapa tak dianggarkan saja biaya link ini, sehingga ke depan tidak dibebankan lagi," kata Tumbur.

Tumbur menilai apabila Pemko Batam masih menyewa link akan terus menghambat pengadaan CCTV, rencana penambahan CCTv juga akan terus menjadi wacana, dan sulit direalisasikan.

"Di kota Batam ada 17 titik saja. Biayanya kisaran Rp 1,6 miliar. Bayangkan kalau kita punya 100 titik CCTv berapa biaya sewa yang harus disiapkan," ujarnya.

Demi menjaga efektivitas keuangan, Pemko sebaiknya meniapkan alatnya, baik link dan lainnya. Setelah itu baru fokus penambahan CCTV.

Read 31 times

Tentang Kami