Live Streaming
Tuesday, 13 June 2017 14:29

Pemko Batam Dukung Mobil Dinas Pakai Gas

Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad mengatakan pihaknya menyambut baik bantuan konverter kit dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Perusahaan Gas Negara (PGN) sebanyak 40 unit untuk mobil dinas Pemko Batam dari total rencana yang disalurkan untuk Batam sebanyak 250 unit.

Terpasangnya konverter kit ini akan membuat mobil-mobil plat merah tak lagi menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) namun menggunakan gas. “Ada program yang ramah lingkungan dan juga ada penghematan di dalamnya, kita harus dukung,” kata Amsakar, Senin (12/6/2017).

Menurutnya, rencana tersebut sudah lama dicanangkan, bahkan saat dirinya menjabat Kepala Disperindag dan ESDM Kota Batam. Namun saat itu ada beberapa persoalan yang harus diurai, seperti ketersediaan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) di beberapa titik strategis serta ketersediaan konverter kit yang bantu pemerintah pusat.

“Ide saya dulu, bagaimana memang didahulukan kendaraan plat merah. Di Jakarta saja, bajaj sudah pakai ini,” ucapnya.

Kini pihaknya menunggu sosialisasi lebih lanjut dari PGN, terkait dampak positif maupun negatif pengunaan gas untuk mobil ini. Termasuk sisi hemat jika kendaraan memakai gas.

“Ini yang belum tersosialisasikan. Tapi perbandingan umumnya, biayanya hemat jadi setengah bahkan sepertiga dari biasa yang kita keluarkan,” katanya.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan jika alat tersebut sudah disiapkan, pihaknya akan mempertimbangkan lebih dulu kapan tepatnya digunakan.

“Kita harus tunggu apa boleh rubah Rencana Kegiatan Anggaran (RKA)nya atau nanti sekalian perubahan anggaran, kita lihat dulu,” ucapnya.

Dikonfirmasi, Humas PT PGN Area Batam, Riza Buana, mengatakan bantuan tersebut merupakan bantuan dari Kementrian ESDM, pihaknya melaksanakan pemasangan di lapangan. “Diberikan rencananya 250 unit, untuk realisasinya diharapkan semester pertama  2017, sekitar Juli ini,” kata dia.

Dari 250 unit tersebut, 40 unit di antaranya untuk mobil dinas Pemko Batam. “Kami masih tunggu konverter kit-nya datang, mudahan-mudahan dalam waktu dekat,” pungkasnya.

Read 356 times

Tentang Kami