Live Streaming
Thursday, 23 August 2018 15:31

Paguyuban di Kota Batam Siap Meriahkan Funtastic Ragam Indonesia 2018

sumber : tribunnews.com

H-4 menuju acara Funtastic Ragam Indonesia 2018, berbagai persiapan telah dilakukan untuk mensukseskan jalannya acara.

BP Batam bekerjasama dengan Tribun Batam siap menghadirkan berbagai paguyuban di Kota Batam untuk ikut memeriahkan acara.

Kota Batam sebagai miniatur Indonesia, memang dikenal memiliki keragaman dalam hal budaya. tidak hanya terdiri dari satu kebudayaan saja, namun Kota Batam juga dihuni oleh beragam suku bangsa.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam, pada tahun 2016 jumlah penduduk Kota Batam Mencapai 1,2 juta jiwa. 

Sebagai Kota Industri, Batam kerap menjadi pilihan bagi masyarakat dari berbagai wilayah di Indonesia untuk mencari lapangan pekerjaan.

Hadirnya berbagai warga pendatang tersebutlah yang kemudian membuat Kota Batam memiliki keunikan yaitu keragaman suku bangsa yang berasal dari sabang sampai merauke.

Dalam perhelatan Funtastic Ragam Indonesia 2018 yang diprakarsai oleh BP Batam, akan menghadirkan pagelaran berbagai budaya yang akan ditampilkan oleh kelompok paguyuban yang ada di Kota Batam.

Penampilan kesenian daerah mulai dari tarian, atraksi, iringan musik etnik dan penampilan-penampilan lainnya siap menghibur masyarakat Kota Batam pada 25 Agustus 2018 mendatang.

Funtastic Ragam Indonesia 2018 ini merupakan ajang silahturahmi dari berbagai kelompok paguyuban di Kota Batam yang akan saling bersinergi dalam membantu kemajuan Kota Batam, khususnya dalam bidang kebudayaan dan pariwisata.

Paguyuban daerah  sebagai sebuah kelompok masyarakat yang disatukan karena memiliki kesamaan dalam budaya dan asal daerah, memiliki peran penting di masyarakat untuk mengedukasi sekaligus melestarikan kebudayaan.

Hadirnya berbagai paguyuban lain berperan penting untuk memperkenalkan kepada masyarakat betapa kayanya kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia.

Dalam sebuah pidato, Presiden RI Joko Widodo pernah mengatakan bahwa Indonesia adalah Negara besar yang memiliki 17 ribu pulau, 513 kabupaten dan kota, 714 suku dengan 1.100 lebih bahasa daerah yang berbeda-beda, beragam, dengan agama yang berbeda.

Dr. Drs. I Wayan Catra Yasa, M.M Ketua Harian Ikatan Keluarga Bali, menyampaikan bahwa dengan diadakakannya Fantastic Ragam Indonesia yang diselenggarakan pada tgl 25 Agustus 2018 oleh BP Batam merupakan gaya kepemimpinan dengan menggunakan metode pendekatan kepada masyarakat (method strategy of humanity) Batam agar masyarakat lebih memiliki  sense of belonging dan mengakui eksistensi khusus kinerja BP Batam di bawah kepemimpinan Dr. Lukita Danursyah Tuwo, MBA, Ph.D.

“Sesuatu yang baru bagi masyarakat yang sebelumnya BP Batam jarang melakukan kegiatan yang melibatkan masyarakat umum".

Disamping itu juga BP Batam nampak sadar bahwa Batam dengan penduduk yang heterogen terdiri dari banyak agama, budaya dan suku suku dari seluruh Indonesia saat ini berada di Batam, merupakan aset besar atau human capital social asset untuk bisa ikut diberdayakan untuk menguatkan Batam yang kondusif, aman, nyaman, kehidupan yang tidak terganggu dan bebas melakukan aktifitas sosial sesuai dg norma susila dan agama.

Kondisi yg tetap ajeg memadukan beraneka ragam dengan tingkat kualitas kehidupan yang intelektual dan religius tentu akan berpengaruh dengan iklim investasi di Batam.” Ungkap Dr. Drs. I Wayan Catra Yasa, M.M Ketua Harian Ikatan Keluarga Bali

 “Ini adalah langkah progresif menuju pencapaian yang lebih obyektif atau goal achievement. Lebih jauh pengamatan saya adalah progresif ikut serta menjadikan Batam menjadi daerah bandar dunia madani yang kehidupannya mulai nampak, meskipun penduduknya berbeda beda tetapi langkah tegap menunjukan kehidupan yang stabil dengan indikator variabel masyarakat merasakan keamanan, kenyamanan, masyarakat yg hidup rukun dan harmoni. Ini corak Batam yang beraneka ragam menuju kehidupan yang harmoni.” Tambah Dr. Drs. I Wayan Catra Yasa, M.M Ketua Harian Ikatan Keluarga Bali.

Sementara itu, R. Tira Sonjaya, Ketua Paguyuban Pasundan Kota Batam juga mengungkapkan dukungannya.

“Paguyuban Pasundan Kota Batam mendukung kegiatan Funtastic Ragam Indonesia sebagai kegiatan pariwisata. Batam yang strategis wilayahnya sebagai salah satu gerbang Indonesia karena dekat dengan 2 negara tetangga yaitu Malaysia dan Singapura. Kami sebagai warga Batam dari JABAR dan Banten yg tergabung dalam Paguyuban Pasundan Kota Batam merasa bangga dan berterima kasih dapat menampilkan kesenian dan budaya dari daerah kami dan berbagai provinsi.” Ungkap R. Tira Sonjaya.

BP Batam Funtastic Ragam Indonesia 2018 akan menjadi acara yang tidak hanya kan menghibur para pengunjung dengan berbagai hiburan semata.

Namun lewat berbagai paguyuban yang dihadirkan, nantinya acara ini akan menumbuhkan semangat nasionalisme dan cinta akan kebudayaan nusantara yang belakangan semakin luntur akibat adanya westernisasi yang melanda generasi muda Indonesia.

Pada malam puncak Funtastic Ragam Indonesia 2018, selain penampilan dari artis ibukota, turut pula disajikan persembahan kebudayaan bertajuk pertunjukan seni budaya nusantara yang siap membuat masyarakat Kota Batam takjub dengan beragamnya kebudayaan tanah air Indonesia.

Pertunjukkan tersebut mulai dari Tari Gambyong dari Provinsis Jawa Timur, Tari Saman dari Provinsi Nangero Aceh Darussalam, Reog, Barongsai dan berbagai penampilan lain siap untuk menghibur masyarakat Kota Batam.

Untuk itu BP Batam menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Batam untuk hadir memeriahkan acara Funtastic Ragam Indonesia 2018 yang akan diselenggarakan pada 25 Agustus 2018 di Bundaran BP Batam.

Read 465 times

Tentang Kami