Live Streaming
Page 1 of 27

Penyemprotan Desinfektan Secara Serentak dilakukan oleh polda kepri dan jajaran , pada Selasa jam 09.00 wib tanggal 31 Maret 2020. Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Kepri Irjen Pol. Andap Budhi Revianto, S.I.K., Wakpolda Kepri, Irwasda Polda Kepri dan Pejabat Utama Polda Kepri. 

Wakapolda Kepri menjelaskan penyemprotan desinfektan secara serentak di seluruh Indonesia dilakukan hari ini termasuk Polda Kepri dan Polres/Ta jajaran melakukan penyemprotan disinfektan pada hari ini. Kegiatan ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 di Indonesia. Harapan dari kegiatan penyemprotan desinfektan secara serentak ini merupakan sebuah gerakan moral dan bentuk gerakan nyata untuk mengajak masyarakat agar bersama-sama menjaga kebersihan lingkungann dan kesehatan agar penyebaran virus covid-19 ini tidak semakin meluas terutama di tempat-tempat umum seperti jalan raya, taman dan di tempat fasilitas-fasiltas umum lainya.

Kegiatan diawali dengan apel pelaksanaan tugas dan penyampaian arahan oleh Dir Samapta Polda Kepri Kombes Pol  Sarif Rahman, S.I.K. mengtakan sesuai arahan Kapolda Kepri penyemprotan disinfektan dilakukan tidak mengenai sasaran tubuh manusia terutama dibagian hidung, mata dan telinga. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Dir Binmas Polda Kepri. Dengan harapan semoga tugas operasi kemanusiaan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. selesai pelaksanaan apel selanjutnya tim bergerak menuju ke tempat-tempat umum dan tertutup di kota Batam.

Kegiatan penyemprotan desinfektan secara serentak ini juga dilakukan di tempat-tempat tertutup seperti ATM, rumah makan, pasar-pasar, rumah-rumah ibadah, sekolah dari TK s/d SMA dan juga jalan-jalan kampung dengan bekerja sama dengan KNPI dan polsek-polsek.

Dalam kegiatan penyemprotan desinfektan secara serentak ini Polda Kepri menurunkan 36 kendaraan yang terdiri dari AWC, WATER CANON dan mobil double cabin yang sudah dimodifikasi agar spray desinfektan yang keluar seperti embun. Wakapolda Kepri juga menjelaskan bahwa cairan desinfektan yang disemprotkan adalah desinfektan yang sesuai dengan anjuran dari WHO yaitu 1 mg untuk 1 liter yang aman untuk manusia.

Kegiatan penyemprotan desinfektan secara serentak ini juga dilakukan oleh orang perorangan dengan menggunakan perangkat penyemprotan hama. Wakapolda kepri juga menjelaskan siapapun yang meminta pertolongan dan bantuan polda kepri agar menghubungi Kabid Humas Polda Kepri dan Komandan Satgas Operasi Aman Nusa II Dir Samapta Polda Kepri yang akan memberikan bantuan secepat mungkin seperti meminta penyemprotan desinfektan di tempat-tempat umum dan fasilitas umum lainya.

Penyemprotan desinfektan ini sudah dilaksanakan sejak tanggal 21 dimulai dari jam 09.00 wib dan jam 14.00 wib setiap harinya. Sebelum pelaksanaan penyemprotan desinfektan berlangsung, Kabid Humas Polda Kepri menghimbau dengan kendaraan kepada seluruh masyarakat untuk memasuki ruangan sehingga kegiatan penyemprotan ini tidak menimbulkan dampak kepada masyarakat.

Kepada seluruh masyarakat kami menghimbau untuk tetap berada dirumah, stay at home, tinggallah dirumah untuk kita semua, biarkan TNI-POLRI yang bekerja silahkan melaksanakan kegiatan dirumah, berbelanja masih diperbolehkan, fasilitas-fasiltas logistik masih terbuka namun kami menghimbau kalau ingin membeli makan silahkan namun dibungkus untuk dibawa pulang hindari kerumununan dan nongkrong di rumah-rumah makan ucap Wakapolda Kepri.

Tanjungpinang - Melalui momen Hari Penyiaran Nasional ke-87 pada 1 April 2020 ini, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kepulauan Riau (Kepri) berharap lembaga penyiaran, baik televisi dan radio, ikut memberikan kontribusi yang maksimal dalam menjaga bangsa ini, khususnya Provinsi Kepri menghadapi pandemi wabah Covid-19.

Ketua KPID Kepri, Henky Mohari mengatakan, sebagai medium informasi yang paling mudah dijangkau
publik, kehadiran televisi dan radio di masa tanggap darurat Corona ini diharapkan memberi informasi valid tentang Covid-19 sehingga mampu meningkatkan kepedulian publik dalam mencegah dan menanggulanginya.

"Kepedulian dan solidaritas sosial sangat dibutuhkan publik untuk bersama-sama menghadapi wabah Covid-19. Lembaga Penyiaran, yang selalu menjadi tumpuan masyarakat atas pemenuhan informasi dan hiburan yang sehat, diharapkan menggugah masyarakat dalam mendukung upaya pemerintah menanggulangi Covid-19," kata Henky.

Henky menjelaskan, setidaknya ada tiga peran penting lembaga penyiaran dalam upaya menanggulangi pandemi ini. Yang pertama sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Physical Distancing melalui Iklan Layanan Masyarakat (ILM). Kedua, memberikan informasi aktual dan terpercaya tentang perkembangan Covid-19 di Indonesia dan kebijakan strategis yang diambil pemerintah pusat maupun daerah. Ketiga, menghadirkan program siaran berkualitas guna mendukung publik untuk beraktivitas di rumah saja, termasuk dengan menampilkan program bermuatan pendidikan untuk dikonsumsi anak-anak yang saat ini sedang belajar di rumah.

“Sudah selayaknya lembaga penyiaran hadir untuk merekatkan solidaritas sosial dan meningkatkan kepedulian lewat konten siaran. Ini adalah sebuah kerja bersama menyelamatkan bangsa dari pandemi wabah Covid-19,” ujar Henky.

Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) yang diperingati setiap tanggal 1 April, mengingatkan kembali tentang kontribusi dunia penyiaran dalam perjalanan panjang bangsa Indonesia. Kiprah dunia penyiaran sudah dirasakan sejak masa sebelum kemerdekaan dengan hadirnya Solosche Radio Vereeniging (SRV) sebagai radio ketimuran pertama milik Bumiputera. Selanjutnya dunia penyiaran pun selalu hadir sebagai penghubung dan pemersatu antar sesama anak bangsa di setiap fase penting negeri ini, baik itu masa kemerdekaan dan reformasi, termasuk disaat yang sulit sekalipun.*

Menteri Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS untuk mudik Lebaran di tahun 2020.

Larangan tersebut tercantum dalam Surat Edaran nomor 36 Tahun 2020 yang dikeluarkan Tjahjo tentang pembatasan kegiatan bepergian keluar daerah dan atau kegiatan mudik bagi ASN dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 atau virus corona.

“Jadi intinya Pak Menpan melalui surat edaran ini mengharapkan seluruh ASN berpartisipasi membantu semaksimal mungkin agar penyebaran COVID-19 tidak semakin meluas, bisa ditekan semaksimal mungkin antara lain kepada ASN tidak mudik dalam idul fitri tahun ini,” kata Sekretaris Kemenpan RB, Dwi Wahyu Atmaji melalui siaran langsung di youtube Kemenpan RB, (30/3/2020)

Dwi menegaskan langkah larangan mudik tersebut memang harus ditempuh yang juga untuk mendukung social distancing atau physical distancing yang digalakkan pemerintah. Ia juga meminta para PNS memberikan pemahaman ke masyarakat agar ikut tidak mudik.

“Jadi saya kira rekan-rekan ASN di seluruh tanah air bisa memberikan pemahaman ke masyarakat agar tak ikut mudik,” ujar Dwi. (nck)

Batam, 27 Maret 2020 - Dit Samapta Polda Kepri yang tergabung dalam Satgas Pencegahan Operasi Terpusat Aman Nusa II penanganan Covid-19 Seligi-2020, berikan himbauan dan menyampaikan Maklumat Kapolri tentang Penanganan penyebaran Covid-19 pada Kamis tanggal 26 Maret 2020

Dipimpin oleh AKBP. Heryanto, SE, tim bergerak menuju Pasar Mega legenda Kota Batam dan memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak panik dan tetap meningkatkan kebersihan di lingkungan masing-masing, Masyarakat juga diminta agar tidak melakukan pembelian atau menimbun bahan pokok maupun kebutuhan lainya secara berlebihan.

Selain memberikan himbauan tim juga menyebarkan selebaran maklumat Kapolri dalam penanganan penyebaran Covid-19 di Pasar Orchard  Park, dimaklumat tersebut disampaikan juga bahwa untuk tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak baik ditempat umum maupun di lingkungan sendiri serta tidak ikut menyebarkan informasi-informasi yang tidak jelas sumbernya yang dapat menimbulkan gejolak di tengah masyarakat.

????? – Dinas Perhubungan Kota Batam menggunakan Voice Announcer di Area Traffic Control System (ATCS). Ada 10 titik ATCS di berbagai jalan protokol Kota Batam yang telah dilengkapi dengan pengeras suara ini.

“Melalui voice announcer ATCS ini operator bisa menegur pelanggar lalu lintas di titik tersebut. Misal pengendara sepeda motor yang tidak mengenakan helm atau kendaraan yang melewati stop line,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Rustam Efendi di Kantor Dishub Batam, Rabu (18/3).

Adapun lokasi ATCS yang telah dilengkapi dengan voice announcer yaitu Simpang Martabak Har Nagoya, lampu merah Sekolah Tinggi Ibnu Sina di Lubukbaja, dan Simpang Seraya Atas. Kemudian lampu merah Masjid Agung, simpang Poltek, Kara, KDA di Batam Centre. Serta Simpang Kabil, Simpang Panbil Mukakuning, dan Simpang Basecamp.

“Pemasangan ini selain di jalan protokol juga di lokasi-lokasi yang rawan kecelakaan dan rawan pelanggaran. Sejauh ini operator paling banyak menegur pengendara di Simpang Panbil dan Simpang Basecamp,” tuturnya.

Rustam menjelaskan, operator bertugas untuk memberikan peringatan terkait pelanggaran lalu lintas. Ia berharap upaya ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat Batam untuk tertib berlalu lintas. Dan pada akhirnya dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas di Kota Batam.

“Kami harap setelah ditegur pengendara akan lebih patuh berlalu lintas. Ada efek jeranya. Karena kalau tidak patuh, lampunya akan tetap merah. Kami sangat berharap langkah ini bisa membuat pengendara patuh ke depannya,” kata dia.

Tahun ini, kata Rustam, akan ada penambahan tiga titik ATCS. Lokasi pemasangan rencananya di Simpang Polsek Lubukbaja, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di Tanjunguncang, dan Simpang Sei Harapan.

Pihaknya juga bekerjasama dengan Satlantas Polresta Barelang terkait pemasangan ATCS ini. Diharapkan dengan terekamnya aktivitas pengendara ini bisa membantu pihak kepolisian juga.

Sumber : Media Center Pemko Batam

Batam – Pemerintah Kota Batam bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan corona virus disease (Covid-19) menyiapkan sarana informasi khusus terkait perkembangan virus corona di Batam. Masyarakat bisa mengakses lawancorona.batam.go.id untuk mengetahui informasi seputar virus yang sudah ditetapkan sebagai pandemi global tersebut.

“Di alamat web ini masyarakat bisa melihat perkembangan kasusnya di Batam. Termasuk jumlah orang dalam pemantauan, pasien dalam pengawasan, jumlah spesimen diperiksa, hasil pemeriksaan berapa positif berapa negatif, dan sebagainya,” kata Ketua Kelompok Kerja Komunikasi dan Informasi sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam, Azril Apriansyah di Sekupang, Rabu (18/3).

Melalui situs ini masyarakat juga bisa membaca berita-berita seputar Covid-19 Batam. Selain itu juga menyajikan informasi tentang berita hoaks yang beredar di tengah masyarakat.

“Jika masyarakat menerima informasi tentang Covid-19, bisa juga cek kebenaran informasinya di sini. Di sini juga bisa dilihat protokol kesehatan untuk menghadapi Covid-19,” kata dia.

Halaman website ini juga menyediakan informasi daftar fasilitas kesehatan. Mulai dari Puskesmas, rumah sakit, dan rumah sakit rujukan.

Masyarakat juga bisa mendapatkan surat edaran dan surat imbauan dari kepala daerah terkait pencegahan penularan Covid-19. Serta menyajikan kegiatan-kegiatan gugus tugas dan nomor kontak yang bisa dihubungi terkait penanganan penyakit ini.

Sebagai informasi, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam telah dibentuk pada Senin (17/3). Gugus tugas dibagi menjadi tiga kelompok kerja (polja) yaitu pencegahan, penindakan, serta sosialisasi dan publikasi. Dipimpin Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad gugus tugas ini gerak cepat melakukan upaya minimalisir potensi penularan virus corona.

Sumber : Media Center Batam

Kepala BP Batam Apresiasi Pelaku Usaha Batam Kumpulkan Dana Miliaran Rupiah Dalam Penanganan COVID-19 di Kota Batam

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Siang ini menggelar pertemuan dengan pelaku usaha untuk membahas mengenai penanganan COVID-19 di Kota Batam pada Rabu, 18 Maret 2020 bertempat di Golden Prawn Bengkong Sadai. Sebelum memasuki lokasi pertemuan seluruh tamu undangan diharuskan untuk mencuci tangan dan melakukan pengecekkan suhu tubuh. 

Dalam kegiatan ini hadir Wakil Walikota Batam, Amsakar Ahmad, Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam, Wahjoe Triwidijo K, Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, Kepala Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi, Khairil Mirza, Dokter Spesialis Paru RSUD Embung Fatimah, dr. Widya Sri Hastuti, Sp.P, FCCP dan para pelaku usaha seperti Apindo, PSMTI, dll.
Dokter Spesialis Paru RSUD Embung Fatimah, dr. Widya Sri Hastuti, Sp.P, FCCP menyampaikan pengarahan mengenai COVID-19 dimulai dari ciri-ciri hingga pencegahan yang harus dilakukan dalam menghadapi COVID-19 kepada seluruh tamu undangan.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi dalam pertemuan ini meminta agar pelaku usaha dapat berkerjasama dan membantu menjaga Batam tetap aman dalam penanganan COVID-19. 
Direktur Sat Nusa Persada, Abidin Hasibuan, bersama pelaku usaha yang tergabung dalam Apindo, PSMTI dan Yayasan Buddha Tzu Chi Batam mengumpulkan dana bantuan sukarela dengan nilai mencapai Rp 6,470 Miliar dan akan terus bertambah nantinya. 

Penggalangan dana dalam menangani dan mencegah penyebaran COVID-19, terutama untuk warga kurang mampu yang terindikasi. Terlihat dari peran pelaku usaha Batam yang turut aktif bersama dengan pemerintah. Ini merupakan perbuatan nyata dalam membantu sesama dalam pencegahan terhadap penyebaran COVID-19.

Adapun beberapa hal yang dibantu oleh pelaku usaha tidak hanya dana, tetapi juga perlengkapan yang digunakan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Mulai dari masker, hand sanitizer hingga peralatan lainnya yang diperlukan.

Hasil dari pertemuan hari ini dapat menjawab hal-hal yang diresahkan oleh masyarakat, bahwa pelaku usaha di Batam siap untuk membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan ini. Hal ini dapat terjadi karena adanya respon dari Pemerintah Kota Batam dan BP Batam.
Rudi sangat mengapresaisi para pelaku usaha yang berinisatif unutk melakukan penggalangan dana dalam penanganan COVID-19 di Kota Batam.

PT. Adhya Tirta Batam (ATB) mengabstraksi air baku Waduk Duriangkang melalui 3 Instalasi Pengolahan Air (IPA). Diantaranya IPA Duriangkang, dengan kapasitas 2.200 liter perdetik. IPA Tanjungpiayu dengan kapasitas 200 liter perdetik.

Air baku dari Waduk Duriangkang juga dialirkan ke IPA Mukakuning sebesar 300 liter perdetik. Waduk ini melayani 80% kebutuhan masyarakat kota Batam. Sehingga, total pelanggan yang mendapat suplai air dari Waduk Duriangkang adalah sekitar 228.900 sambungan.

Per tanggal 5 Maret 2020, penyusutan volume air baku di Waduk Duriangkang telah mencapai minus 3,06 meter dari permukaan bangunan pelimpah. Pemerintah (BP Batam) memutuskan untuk melakukan penggiliran (Rationing) di waduk Duriangkang.

"Langkah ini akan mulai dilakukan pada Minggu kedua Maret 2020, dengan skenario 2-5. Artinya, operasional di waduk Duriangkang akan berhenti selama 2 hari, dan akan berjalan seperti biasa selama 5 hari dalam seminggu," jelas Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus Kamis (5/3)

Program penggiliran ini akan berdampak kepada sekitar 228.900 pelanggan yang dilayani melalui waduk tersebut. Tidak hanya berdampak pada 196.000 pelanggan domestik, penggiliran suplai juga akan berimbas pada 2.900 pelanggan Industri dan 30 ribu pelanggan Komersil.

Adapun daerah yang akan terdampak penggiliran meliputi Tanjungpiayu, Mukakuning, Sagulung, Batuaji, Tanjunguncang, Marina, Batam Centre, Nagoya, Jodoh, Bengkong, Batuampar, Kabil, Punggur dan sekitarnya.

Pelanggan akan mengalami pemulihan suplai setelah Instalasi Pengolahan Air (IPA) kembali beroperasi.

Waktu yang dibutuhkan untuk memulihkan suplai air pasca penggiliran sangat tergantung kepada perilaku konsumen. ATB berharap, konsumen yang ada di area hulu (berdekatan dengan Instalasi Pengolahan Air) lebih bertoleransi, agar pengguna yang berada di ujung pipa atau tempat yang tinggi dapat segera mendapat aliran air setelah penggiliran selesai.

"Pentingnya bertoleransi saat penggiliran sangat di perlukan, agar pelanggan yang di ujung suplai tetap bisa menikmati aliran air," harap Maria.

Menurut estimasi, sebagian pelanggan akan kembali mendapatkan aliran air dalam 24 hingga 79 jam setelah terjadi penggiliran.

"Jika tidak dilakukan penggiliran, menurut perhitungan air di Waduk Duriangkang akan mencapai batas minimum pada 13 Juni 2020," lanjut Maria.

Dengan dilakukannya penggiliran ini, maka diharapkan akan memperpanjang umur Waduk Duriangkang selama 23 hari. Sampai kapan penggiliran akan dilakukan? ATB akan mengikuti petunjuk dan arahan pemerintah, dalam hal ini BP Batam.

Dzikir dan Doa Istighotsah Bersama yang mengangkat tema *"Dari Natuna Selamatkan Indonesia"* dilaksanakan di Masjid Agung Kabupaten Natuna pada kamis malam tanggal 6 Februari 2020. Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto S.IK ikut hadir dalam kegiatan tersebut. Dzikir dan Doa Bersama juga dihadiri oleh Menkopolhukam RI Prof. Dr. Mahfud MD, Menkes RI Letjen TNI (purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.(Rad)K, Stafsus Daniel Tjen, Ka BNPB Letjen TNI Doni Monardo, Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Yudo Margono, Danrem 033/WP Brigjen TNI Gabriel Lema S.Sos, Forkopimda Kepri dan Forkopimda Kabupaten Natuna, Personil TNI-Polri serta masyarakat Natuna.

Bupati Natuna Drs. H. Abdul Hamid Rizal M.Si dalam sambutan nya menyampaikan Dzikir dan Doa Istighotsah Bersama yang bersama dilaksanakan ini bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar diberikan keselamatan seluruh Masyarakat yang berada di Natuna mupun Warga Negara Indonesia dari Wuhan yang saat ini di Observasi di Natuna. Dan ucapan terima kasih kepada bapak Menkopolhukam beserta Rombongan yang hadir di Natuna dalam rangka dzikir dan doa bersama ini.

Selanjutnya Menteri Menkopolhukam RI Prof. Dr Moh Mahfud MD menyampaikan bahwa Doa Istighotsah Bersama ini merupakan Doa Khusus yang kita laksanakan bersama-sama dalam menghadapi musibah atau memohon keselamatan kepada Allah SWT, Semoga dengan Istighotsah yang kita laksanakan bersama-sama ini diijabah oleh Allah SWT dengan upaya yang telah dilakukan yakni mengirimkan Dokter-dokter Profesional dan semoga Allah SWT mengirimkan Keajaiban-keajaiban Keesaanya untuk menangkal maupun menyembuhkan, sehingga kita terhindar dari segala mara bahaya maupun segala penyakit.

Masjid Agung Natuna dipadati oleh masyarakat yang mengikuti Dzikir dan doa bersama untuk Dzikir bersama dipandu oleh Imam Besar Masjid Agung Kab. Natuna H. Tirtayasa, S.Ag., M.A., C.NLP dan doa Bersama dipandu oleh Ketua MUI Kabupaten Natuna H. Mustafa Sis, S.Pd.I. selesai pelaksanaan Dzikir dan Doa Istighotsah Bersama dilanjutkan dengan Penyerahan secara Simbolis Bantuan alat Kesehatan dan Obat-obatan oleh Menkopolhukam RI dan Menteri Kesehatan RI kepada Bupati Natuna.

 

 

Tim Psikologi Biro SDM Polda Kepri dan Tim Kesehatan Biddokkes Polda Kepri adakan

penyuluhan kesehatan dan Psikologi kepada Pelajar di SMA Negeri 1 Bunguran Timur, Kabupaten Natuna

pada Selasa tanggal 4 Februari 2020. Dihadiri oleh Kabag Sumda Polres natuna Kompol Zuljufri, Tim

Psikologi, Tim kesehatan, Kepala sekolah SMAN 1 dan para siswa SMAN 1.

 

Dalam kegiatan tersebut Kepala sekolah SMA Negeri 1 Bunguran Timur, Kabupaten Natuna

menyampaikan ucapan terima kasih atas penyuluhan yang diberikan oleh tim, dan semoga penyuluhan

tentang Virus Corona tersebut dapat menambah wawasan para siswa dan disampaikan kepada

keluarganya agar semua terlindung dari penyakit yang mewabah tersebut.

 

Kabag Sumda Polres natuna Kompol Zuljufri mengatakan kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini

untuk memberikan penguatan psikologi tentang virus corona dan pemahaman tentang apa itu virus corona yang sedang viral di berita belakangan ini, serta mengajak para siswa saat sesampainya nanti di rumahagar sampaikan kepada keluarga dan lingkungannya agar tidak takut yang berlebihan dan harus selalu waspada untuk memprotect diri sendiri. Hal terpenting lainnya agar kondisi tubuh tetap prima denganberolah raga dan menjaga kebersihan tangan untuk menghindari bakteri serta virus yang dapatmenimbulkan penyakit", jelas Kompol Zuljufri.

 

Dalam kesempatan tersebut dibagikan juga masker kepada para siswa SMA Negeri Bunguran

Timur Kbaupaten Natuna.

Page 1 of 27

Tentang Kami